Fita, Uswatun Aulia (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Wayang Kartun Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Ski Di MTsN 1 Kota Kediri Kelas IX Materi Syeikh Abdur Rouf As-Singkili Ajaran 2024/2025. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21201023_prabab.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21201023_bab1.pdf Download (497kB) |
![]() |
Text
21201023_bab2.pdf Download (451kB) |
![]() |
Text
21201023_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (390kB) |
![]() |
Text
21201023_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
21201023_bab5.pdf Download (337kB) |
![]() |
Text
21201023_daftarpustaka.pdf Download (442kB) |
![]() |
Text
21201023_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
21201023_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (194kB) |
Abstract
Uswatun Aulia Fita, Supervisor Jerhi Wahyu Fernanda, M. Si. dan Royyan Nafis Fatkhul Wahab, M. Ag., Pengembangan Media Pembelajaran Wayang Kartun Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran SKI di MTsN 1 Kota Kediri kelas IX Materi Syeikh Abdul Rouf As-Singkili Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Prgram Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. 2025. Kata Kunci: Wayang kartun, Media Pembelajaran, Efektivitas Pembelajaran, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Efektivitas pembelajaran sangat dipengaruhi oleh media yang digunakan. Salah satu media inovatif yang dapat meningkatkan minat dan pemahaman siswa adalah wayang kartun. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan media pembelajaran wayang kartun pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas IX di MTsN 1 Kota Kediri, 2) Mengetahui kelayakan media tersebut, dan 3) Menganalisis efektivitasnya dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX MTsN 1 Kota Kediri. Validasi dilakukan oleh ahli media dan ahli materi, sementara efektivitas diuji melalui angket serta post-test menggunakan teknik eksperimen dan dianalisis dengan menggunakan uji Man-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media wayang kartun menarik minat siswa dan meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi SKI. Validasi ahli menunjukkan tingkat kelayakan tinggi, dengan penilaian 97,3% dari ahli media dan 100% dari ahli materi. Uji efektivitas menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar, dengan skor pretest dan post-test meningkat dari 73 ke 94 (kelompok kecil) dan dari 76,3 ke 95,9 (kelompok besar). Respon siswa juga sangat positif (89%), sementara guru menilai media ini layak digunakan (94%). Sehingga Media wayang kartun terbukti efektif dalam meningkatkan minat, pemahaman, dan hasil belajar siswa. Penelitian lanjutan dapat mengembangkan media ini untuk materi SKI lainnya serta mengintegrasikannya dengan teknologi digital agar lebih interaktif.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | USWATUN AULIA FITA |
Date Deposited: | 19 May 2025 03:32 |
Last Modified: | 19 May 2025 03:32 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17216 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |