Shofiyulloh, Muhammad (2020) Pembentukan Karakter Taruna Melalui Program Pendidikan Dasar Bela Negara Di SMK Pelayaran Hang Tuah Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.
Text
932121016_Pra bab.pdf Download (584kB) |
|
Text
932121016_bab 1.pdf Download (450kB) |
|
Text
932121016_bab 2.pdf Download (570kB) |
|
Text
932121016_bab 3.pdf Download (392kB) |
|
Text
932121016_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932121016_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (503kB) |
|
Text
932121016_bab 6.pdf Download (232kB) |
|
Text
932121016_daftar pustaka.pdf Download (453kB) |
|
Text
932121016_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Pengembangan pendidikan budaya dan karakter sangat strategis bagi keberlangsungan dan keunggulan bangsa di masa mendatang. Pengembangan itu harus dilakukan melalui perencanaan yang baik, pendekatan yang sesuai, dan metode belajar serta pembelajaran yang efektif. Dalam upaya mendukung program tersebut, SMK Pelayaran Hang Tuah Kediri membuat program pendidikan karakter yang di sebut Pendidikan Dasar Bela Negara. Fokus dari program ini adalah pembentukan karakter taruna dalam bela negara. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menjelaskan karakter apasaja yang dibentuk untuk menajdi Taruna di SMK Pelayaran Hang Tuah Kediri dalam Program Pendidikan Dasar Bela Negara (PDBN); (2) Menjelaskan tahapan pembentukan karakter Taruna melalui Program Pendidikan Dasar Bela Negara (PDBN) di SMK Pelayaran Hang Tuah Kediri.(3) Mengetahui faktor yang mempengaruhi pembentukan karakter Taruna melalui Program Pendidikan Dasar Bela Negara (PDBN) di SMK Pelayaran Hang Tuah Kediri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini, peneliti berperan sebagai Pengamat NonPartisipatif. Data dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah interview, observasi, dan dokumentasi. Dalam pengecekan keabsahan data, peneliti menggunakan ketekunan pengamatan, perpanjangan pengamatan, dan triangulasi yang meliputi triangulasi sumber dan triangulasi tehnik. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis data versi Miles dan Huberman, dengan tahapan: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan Pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian deskriptif mengungkapkan bahwa: (1) Pembentukan karakter melalui program PDBN sangat penting bagi para taruna, Diantara karakter yang dibentuk dalam kegiatan PDBN antara lain: Religius, tanggungjawab, disiplin, peduli sosial, kerja keras, mandiri, rasa ingintahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, peduli lingkungan, bersahabat/komunikatif, dan menghargai prestasi; (2) Pembentukan karakter dilakukan melalui 3 tahapan yaitu tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Sementara itu metode yang digunakan adalah metode internalisasi, pembiasaan, keteladanan, dan pembinaan disiplin; (3) Pembentukan karakter taruna dipengaruhi oleh 2 faktor yaitu faktor pertama adalah faktor internal berupa insting dan kemauan, faktor kedua adalah faktor eksternal berupa pendidikan dan lingkungan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi) |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 27 Oct 2020 03:44 |
Last Modified: | 27 Oct 2020 03:44 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1715 |
Actions (login required)
View Item |