Implementasi Program Pendidikan Agama Islam Bagi Santri Yang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental Di Pondok Pesantren Nurul Ishlah Ngronggot

musta'im, musta'im and siti khoirudduriyah, siti khoirudduriyah and fadila, fadila (2025) Implementasi Program Pendidikan Agama Islam Bagi Santri Yang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental Di Pondok Pesantren Nurul Ishlah Ngronggot. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
21201006_prabab.pdf

Download (465kB)
[img] Text
21201006_bab1.pdf

Download (256kB)
[img] Text
21201006_bab2.pdf

Download (350kB)
[img] Text
21201006_bab3.pdf

Download (417kB)
[img] Text
21201006_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[img] Text
21201006_bab5.pdf

Download (279kB)
[img] Text
21201006-_bab6.pdf

Download (216kB)
[img] Text
21201006_daftarpustaka.pdf

Download (225kB)
[img] Text
21201006_lembar pernyataan persetujuan publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)

Abstract

KHOIRUN NISA. Dosen Pembimbing DR. H. ANIS HUMAIDI, M. AG. dan NILA ZAIMATUS SEPTIANA, M.Pd, Implementasi Program Pendidikan Agama Islam Bagi Santri Yang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental Di Pondok Pesantren Nurul Ishlah Ngronggot. Skripsi, program Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2024. Kata kunci: Pendidikan Agama Islam, Gangguan Kesehatan Mental Orang dengan gangguan kesehatan mental seharusnya mendapat pelayanan layaknya seperti orang normal termasuk pendidikan. Pelayanan pendidikan bagi orang gangguan kesehatan mental salah satunya di Pondok Pesantren Nurul Ishlah Ngronggot Nganjuk. Pondok ini dikatakan unik karena telaten mendidik santri dengan gangguan kesehatan mental dan ada beberapa yang faham akan ilmu agama serta dapat mempraktekkannya. Adapun tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui perencanaan program PAI, pelaksanaan strategi, hasil program PAI, serta faktor pendukung dan penghambat yang ada di pondok pesantren. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif karena penelitian berdasar studi lapangan. Penelitian ini menggunakan jenis studi kasus karena mendeskripsikan kekhasan atau keunikan dari kasus yang diteliti. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi dan presisten observation. Hasil penelitian penulis yakni, pertama proses penyusunan program PAI dilakukan dengan beberapa prosedur yang cukup panjang yakni analisis kebutuhan santri, penyusunan rencana program, pengorganisasian sumber daya, pelaksanaan rencana program, evaluasi serta pengembangan program. Adapun hasil penyusunan program yakni merumuskan program harian, mingguan, dan bulanan. Kedua, pelaksanaan strategi program PAI menggunakan pembiasaan kegiataan keagamaan islam dengan metode mengaji Al-Qur’an, sholat jama’ah, dibaan, ziaroh, ro’an, dan ngaji kitab. Ketiga, hasil program PAI ditemukan bahwa dari 7 santri gangguan kesehatan mental hanya 6 yang mengikuti program PAI di pondok. Keempat, faktor pendukung dalam pondok ini yakni keluarga dan masyarakat yang mendukung, sarpras yang memadai, dan program PAI yang beragam. Sedangkan faktor penghambatnya yakni beberapa keluarga yang apatis, kurangnya keamanan di pondok, dan dana yang kurang memadai.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES (Ilmu Medis dan Kesehatan) > 1117 Public Health and Health Services > 111714 Mental Health
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: cover image KHOIRUN NISA
Date Deposited: 08 May 2025 02:36
Last Modified: 08 May 2025 02:36
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17134

Actions (login required)

View Item View Item