Implementasi Program Tahfidz Al-Qur’an Mahasantri Ma’had Al-Jami’ah Darul Hikmah Iain Kediri

abdul khoir, abdul khoir and herni, herni and sofwatun nida, sofwatun nida (2025) Implementasi Program Tahfidz Al-Qur’an Mahasantri Ma’had Al-Jami’ah Darul Hikmah Iain Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
21201018_prabab.pdf

Download (501kB)
[img] Text
21201018_bab1.pdf

Download (411kB)
[img] Text
21201018_bab2.pdf

Download (466kB)
[img] Text
21201018_bab3.pdf

Download (358kB)
[img] Text
21201018_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (817kB)
[img] Text
21201018_bab5.pdf

Download (360kB)
[img] Text
21201018_bab6.pdf

Download (286kB)
[img] Text
21201018_daftarpustaka.pdf

Download (339kB)
[img] Text
21201018_lembar%20persetujuan%20publikasi (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)

Abstract

QOTRUN NADA. Dosen pembimbing Mohammad Asy’ari. M. H. I., Surahmat, S.Th.I,M.Hum. Implementasi Program Tahfidz Al-Qur’an Mahasantri Ma’had Al-Jami’ah Darul Hikmah IAIN Kediri. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agam Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. 2024. Kata kunci: Implementasi, Program Tahfidz Ma’had Al-Jami’ah Darul Hikmah IAIN Kediri merupakan salah satu lembaga pendidikan dibawah naungan kampus IAIN Kediri yang memiliki tiga program unggulan, salah satunya program Tahfidz, program ini mayoritas diminati oleh mahasantri. Mahasantri yang mengikuti program tahfidz memiliki kegiatan yang sangat padat sehingga kesulitan untuk mengatur waktu dan kurangnnya semangat membersamai Al-Qur’an. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan program tahfidz; (2) mendeskripsikan factor pendukung dan penghambat program tahfidz; (3) Mengetahui hasil evaluasi dalam program tahfidz. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian terletak di Ma’had Al-Jami’ah Darul Himkah IAIN Kediri. Teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian ini yaitu dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan analisis data yang digunakan adalah melalui, reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi Hasil Penelitian menunjukan bahwa: (1) Pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an dilakukan melalui 3, tahap yaitu menentukan pembagian kelompok, menetapkan waktu pelaksanaan, dan menetapkan metode tahfidz Al-Qur’an; (2) Faktor pendukung keberhasilan program tahfidz yaitu dukungan dan niat dari mahasantri, tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung dan adanya ustazah tahfidz. Sedangkan faktor penghambat program tahfidz yang telah ditemukan adalah mahasantri yang terkadang muncul rasa malas dan waktu yang cukup sedikit; (3) Bentuk implementasi evaluasi program tahfidz yang dilakukan adalah dengan 2 macam yaitu, evaluasi secara personal dan evaluasi oleh Mudir dan Ustadzah Tahfidz. Evaluasi secara personal yaitu evaluasi yang diadakan melalui tasmi dan ujian Tahfidz (ujian semester). Adapun evaluasi oleh Mudir dan Ustazah Tahfidz yaitu evaluasi terkait dengan program Tahfidz Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: QOTRUN NADA
Date Deposited: 08 May 2025 03:40
Last Modified: 08 May 2025 03:40
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17133

Actions (login required)

View Item View Item