mplementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Budaya Sekolah di MTsN 4 Kediri

ANWAR, MOHAMAD KHOIRIL (2020) mplementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Budaya Sekolah di MTsN 4 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
932120415_pra bab.pdf

Download (701kB)
[img] Text
932120415_Bab 1.pdf

Download (121kB)
[img] Text
932120415_bab 2.pdf

Download (176kB)
[img] Text
932120415_bab 3.pdf

Download (128kB)
[img] Text
932120415_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text
932120415_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB)
[img] Text
932120415_bab 6.pdf

Download (7kB)
[img] Text
932120415_daftar pustaka.pdf

Download (105kB)
[img] Text
932120415_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

dupan manusia, baik dalam lingkup sekolah, keluarga ataupun di kalangan masyarakat. Penananaman pendidikan karakter diharapkan mampu menjadi suatu prioritas lembaga pendidikan untuk selalu mengembangkan nilai-nilai karakter didalamnya. Diera globalisasi yang semakin canggih pada akhir-akhir ini banyak sekali berbagai tantangan dan ancaman untuk generasi muda dari segi moral, sikap, dan pengetahuan. Dalam pendidikan di MTsN 4 Kediri senantiasa melakukan perbaikan-perbaikan pada seluruh sistem pendidikan dalam segi sarana prasarana, profesionalisme guru, yang lebih penting mengedepankan dalam nilainilai pendidikan karakter yang baik agar menghasilkan siswa dengan akhlak, moral, dan sikap yang baik melalui budaya disekolannya. Rumusan masalah penelitian Ini adalah: 1) Bagaimana implementasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam budaya sekolah di MTsN 4 Kediri? 2) Nilai-nilai karakter apa saja yang di implementasikan dalam budaya sekolah di MTsN 4 Kediri? 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan pendidikan karakter dalam budaya sekolah di MTsN 4 Kediri? Dalam penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Untuk pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observatif, wawancara (interviuw) dan juga dokumentasi dengan analisis deskriptif untuk menggambarkan dan melukiskan data yang diperoleh. Kesimpulan dari hasil penelitian Ini adalah: 1) implementasi nilai-Nilai pendidikan karakter dalam budaya sekolah di MTsN 4 Kediri ini dilakukan dengan terprogram mulai dari merencanakan program dalam kurikulum sekolah, mensosialisasikan pada guru, siswa, dan orangtua siswa, dan menggunakan metode pembiasaan dan keteladanan yang dilakukan langsung dalam kehidupan sehari-hari disekolah. 2) Nilai-nilai karakter yang telah direalisasikan dalam budaya sekolah (Artifak dan Nilai) di MTsN 4 kediri meliputi nilai religius, nilai disiplin, nilai bersahabat/komunikatif, nilai peduli lingkungan dan nilai kreatif. 3) Faktor pendukung pelaksanaan pendidikan karakter diMTsN 4 Kediri yaitu kolaborasi yang baik antar guru, interaksi yang baik antar guru dan siswa, kualitas pendidikan guru yang mumpuni, dan sarana prasarana sekolah yang memadai. sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya kesadaran siswa dan keadaan orang tua yang kurang baik yang berimbas pada kepribadian anaknya disekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 27 Oct 2020 03:26
Last Modified: 27 Oct 2020 03:26
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1713

Actions (login required)

View Item View Item