IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN DATANG TEPAT WAKTU SISWA KELAS VI DI MI AL-HUDA BONGGAH PLOSO NGANJUK

ROHMAH, SITI (2025) IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN DATANG TEPAT WAKTU SISWA KELAS VI DI MI AL-HUDA BONGGAH PLOSO NGANJUK. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.

[img] Text
21201148_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21201148_bab1.pdf

Download (541kB)
[img] Text
21201148_bab2.pdf

Download (497kB)
[img] Text
21201148_bab3.pdf

Download (364kB)
[img] Text
21201148_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (953kB)
[img] Text
21201148_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[img] Text
21201148_bab6.pdf

Download (421kB)
[img] Text
21201148_daftarpustaka.pdf

Download (437kB)
[img] Text
21201148_lampiran.pdf

Download (974kB)
[img] Text
21201148_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)

Abstract

SITI ROHMAH. Dosen pembimbing Dr. H. Muniron. M.Ag dan M. Royyan Nafis Fathul Wahab, M.Ag. Implementasi Metode Pembiasaan Dalam Membentuk Karakter Disiplin Datang Tepat Waktu Siswa Kelas VI Di MI Al-Huda Bonggah Ploso Nganjuk, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri 2025. Kata kunci : Metode Pembiasaan, Disiplin Tepat Waktu Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, proses implementasi, serta dampak penerapan metode pembiasaan dalam membentuk karakter disiplin siswa, khususnya dalam kebiasaan datang tepat waktu. Fokus penelitian ini siswa kelas VI di MI Al-Huda Bonggah Ploso Nganjuk, Metode pembiasaan dapat membentuk karakter disiplin siwa, terutama disiplin datang tepat waktu dan juga dapat menanamkan tanggung jawab, keteraturan, kemandirian, serta menumbuhkan nilai religious yang tentunya akan bermanfaat dalam kehidupan selanjutnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan berbagai pihak, termasuk kepala madrasah, wakil kepala madrasah, koordinator kurikulum, koordinator kesiswaan, serta peserta didik. Dalam menganalisis data, penelitian ini menerapkan beberapa tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan atau verifikasi guna memperoleh hasil yang akurat dan mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembiasaan di MI Al-Huda Bonggah Ploso Nganjuk efektif membentuk disiplin datang tepat waktu melalui kegiatan rutin pagi yang menyenangkan, kegiatan ini dirancang melalui musyawarah tahunan dan diterapkan setiap pagi dengan bimbingan wali kelas. Metode ini tidak hanya menanamkan disiplin waktu tetapi juga nilai-nilai islami melalui hafalan doa, surah pendek, dan lagu pembelajaran. Evaluasi rutin dilakukan untuk memastikan efektivitasnya, sementara kendala seperti ketidakhadiran wali kelas tetap menjadi tantangan. Dampaknya terlihat pada peningkatan disiplin, kemandirian, dan tanggung jawab siswa, yang membantu mereka lebih siap belajar serta membangun karakter religius dan sosial yang kuat untuk masa depan. Dengan demikian, hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat sebagai referensi tambahan bagi penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: SITI ROHMAH
Date Deposited: 06 May 2025 02:19
Last Modified: 06 May 2025 02:19
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17128

Actions (login required)

View Item View Item