Perbandingan Kepatuhan Beragama Antara Mahasiswa Lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) Dan Madrasah Aliyah (MA) Pada Kumpulan Pemuda Sumatera (KUPAS) Kota Kediri

Tumanggor, Siti Elvita (2025) Perbandingan Kepatuhan Beragama Antara Mahasiswa Lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) Dan Madrasah Aliyah (MA) Pada Kumpulan Pemuda Sumatera (KUPAS) Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932130218_prabab.pdf

Download (942kB)
[img] Text
932130218_bab1.pdf

Download (367kB)
[img] Text
932130218_bab2.pdf

Download (413kB)
[img] Text
932130218_bab3.pdf

Download (222kB)
[img] Text
932130218_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text
932130218_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[img] Text
932130218_daftarpustaka.pdf

Download (220kB)
[img] Text
932130218_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (567kB)
[img] Text
932130218_PernyataanPersetujuanPublikasi.pdf

Download (187kB)

Abstract

Kata patuh adalah taat aturan atau berdisiplin, suka menurut; taat (pada perintah dan aturan); berdisiplin. Kepatuhan beragama merujuk pada tingkat atau derajat sejauh mana seseorang atau sekelompok orang mematuhi dan mengikuti ajaran, aturan, atau prinsip-prinsip agama yang mereka anut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan tingkat kepatuhan beragama antara mahasiswa lulusan SMA dan MA pada kumpulan pemuda Sumatera (KUPAS) di Kota Kediri. Penelitian ini didasari oleh pentingnya memahami pengaruh latar belakang pendidikan terhadap perilaku keberagamaan dalam masyarakat multikultural. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kombinasi dengan pendekatan komparatif-korelasional. Sampel penelitian terdiri dari 40 mahasiswa, yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mengukur dimensi kepatuhan beragama, yaitu keyakinan, praktek, penghayatan, pengetahuan dan pengalaman. Analisis data dilakukan menggunakan uji t untuk melihat perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa lulusan MA memiliki tingkat kepatuhan beragama yang lebih tinggi dibandingkan lulusan SMA. Dengan signifikansi < 0,05. Temuan ini menunjukkan bahwa latar belakang pendidikan memiliki pengaruh terhadap tingkat kepatuhan beragama. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pendidikan berbasis agama (MA) cenderung lebih tinggi dalam keberagamaan. Penelitian ini memberikan kontribusi pada studi agama, khususnya terkait peran pendidikan dalam membentuk kepatuhan beragama. Saran untuk penelitian mendatang adalah mengeksplorasi faktor-faktor lain, seperti lingkungan keluarga atau komunitas, yang turut memengaruhi kepatuhan beragama.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education (Pendidikan Berkelanjutan dan Komunitas)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: SITI ELVITA TUMANGGOR
Date Deposited: 05 May 2025 03:21
Last Modified: 05 May 2025 03:28
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17121

Actions (login required)

View Item View Item