Chalim, Ahmad Faizal (2024) STRATEGI EKSPOSITORI GURU AKIDAH AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DALAM MEMBENTUK PERILAKU ISLAMI SISWA KELAS VII MTS ZAINUL HASAN PARE KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
932138618_Prabab.pdf Download (877kB) |
![]() |
Text
932138618_Bab 1.pdf Download (337kB) |
![]() |
Text
932138618_Bab 2.pdf Download (830kB) |
![]() |
Text
932138618_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (474kB) |
![]() |
Text
932138618_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (444kB) |
![]() |
Text
932138618_Bab 5.pdf Download (367kB) |
![]() |
Text
932138618_ Bab 6.pdf Download (202kB) |
![]() |
Text
932138618_Daftar Pustaka.pdf Download (322kB) |
![]() |
Image
WhatsApp Image 2025-05-02 at 09.45.01.jpeg Restricted to Repository staff only Download (155kB) |
Abstract
Melihat perkembangan zaman yang semakin maju, menjadi perhatian tersendiri bagi orang tua terhadap anaknya terutama masalah perilaku. Dengan demikian pernelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan dan dampak strategi ekpotori yang dipilih guru untuk membentuk perilaku islami. Adapun fokus penelitian ini adalah 1.) Bagaimana implementasi strategi ekspositori guru Akidah Akhlak dalam membentuk perilaku islami siswa kelas VII MTs Zainul Hasan pare Kediri? 2.) Bagaimana dampak implementasi strategi ekspositori terhadap perilaku islami siswa kelas VII MTs Zainul Hasan Pare Kediri? Dalam penelitian ini pendekatan atau metode yang digunakan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, dengan subyek kelas VII MTS Zainul Hasan yang menerapkan Strategi ekspositori. Data bersumber dari pihak sekolah dan sejumlah siswa. Teknik pengumpulan yang peneliti gunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1). Implementasi Strategi Ekspositori Guru Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Perilaku Islami Siswa Kelas VII MTs Zainul Hasan Pare Kediri, secara umum melalui 3 tahap yaitu tahap perencaan, tahap persiapan dan terakhir tahap pelaksaan. Sedangkan dalam pelaksaannya menggunakan 4 langkah, yaitu melalui program pembiasaan, guru sebagai panutan, pemberian peraturan berkonsekuensi hukuman dan pemberian reward pada siswa. 2) .Dampak dari implementasi strategi ekspositori yaitu mampu memberikan berbagai perubahan dan dampak positif pada siswa. Diantara dampak positif yang terlihat jelas yaitu adanya sikap konsisten, kesadaran diri, bertanggung jawab dan yang sangat menarik adanya jiwa kerohaniannya yang diwujutkan dengan perilaku keislaman yang baik. Kesemuanya ini didukun oleh faktor guru, sarana prasarana, kedisiplinan dan tata tertib, serta faktor lingkungan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | AHMAD FAIZAL CHALIM |
Date Deposited: | 02 May 2025 02:48 |
Last Modified: | 02 May 2025 02:48 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17109 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |