Implementasi P5P2RA Tema Kewirausahaan untuk Meningkatkan Keterampilan Entrepreneurship Peserta Didik di MIS Muhammadiyah 2 Badas

Aprillia, Nabilla Rohma (2024) Implementasi P5P2RA Tema Kewirausahaan untuk Meningkatkan Keterampilan Entrepreneurship Peserta Didik di MIS Muhammadiyah 2 Badas. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20205104_prabab.pdf

Download (5MB)
[img] Text
20205104_bab1.pdf

Download (268kB)
[img] Text
20205104_bab2.pdf

Download (293kB)
[img] Text
20205104_bab3.pdf

Download (27kB)
[img] Text
20205104_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text
20205104_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text
20205104_bab6.pdf

Download (10kB)
[img] Text
20205104_daftarpustaka.pdf

Download (130kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Projek Penguatan dan Profil Pelajar Rahmatan Lil 'Alamin (PPRA). P5P2RA tema Kewirausahaan Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik yang digunakan untuk memperoleh data adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini berupa reduksi data, penyajian data dan verifikasi data, sedangkan untuk mengecek keabsahan data, peneliti menggunakan uji kredibilitas. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan ada beberapa tahap yaitu: a.) Pembentukan tim P5p2RA b.) tahap kesiapan sekolah atau pelatihan terkait perencanaan penerapan Kurikulum Merdeka c.) mengidentifikasi tema dan menentukan tema yang sudah ditentukan c.) menentukan alokasi waktu d.) pembuatan modul projek yang bersifat fleksibel. 2) Implementasi ada beberapa tahap yaitu, a.) pengenalan, tahapan pengenalan tentang topik projek yang akan dilaksanakan, b.) kontektualiasi, siswa menggali informasi dengan cara literasi melalui media elektronik tentang topik yang terkait, c.) Aksi, peserta didik diberi kesempatan untuk membuat produk yang akan dijual dan menyusun penjualan, d.) refleki, siswa memulai mempresentasikan dan mempromosikan hasil produk dari setiap tim. 3) Evaluasi ada beberapa tahap yaitu, a.) Program P5P2RA sudah berjalan dengan baik dan sesuai rencana. Mulai dari perencanaan sampai alur pelaksanaan P5P2RA yang runtut membuat program P5P2RA bisa dilaksanakan dengan terstruktur, b.) Manfaat P5P2RA di adakan program P5P2RA c.) Refleksi peserta didik, dilaksanakan untuk mengetahui hal-hal yang dialami atau didapatkan peserta didik selama pelaksanaan Proyek. d) Tindak lanjut setelah pelaksanaan P5P2RA.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nabilla Rohma Aprillia
Date Deposited: 29 Apr 2025 04:18
Last Modified: 29 Apr 2025 04:18
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17088

Actions (login required)

View Item View Item