Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Berbasis Budaya Melalui Ekstrakurikuler Gamelan Religi Pada Siswa di SMKN 1 Ngasem Kediri

FAWZI, TANYA (2020) Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Berbasis Budaya Melalui Ekstrakurikuler Gamelan Religi Pada Siswa di SMKN 1 Ngasem Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
932116916_Pra Bab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932116916_Bab 1.pdf

Download (85kB)
[img] Text
932116916_Bab 2.pdf

Download (186kB)
[img] Text
932116916_Bab 3.pdf

Download (193kB)
[img] Text
932116916_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932116916_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img] Text
932116916_Bab 6.pdf

Download (59kB)
[img] Text
932116916_Daftar Pustaka.pdf

Download (145kB)
[img] Text
932116916_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah SMKN 1 Ngasem Kediri merupakan sekolah menengah kejuruan satu-satunya yang memiliki ekstrakurikuler berbasis budaya dan bernuansa religi yang ada di kabupaten Kediri. Gamelan religi merupakan salah satu ekstrakurikuler yang ada di SMKN 1 Ngasem Kediri. Ekstrakurikuler gamelan religi merupakan gabungan dari ekstra rokhis, karawitan dan klasikal (kelas musik dan vokal). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan proses penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam berbasis budaya melalui ekstrakurikuler gamelan religi, untuk menggambarkan nilai-nilai pendidikan agama Islam berbasis budaya yang terkandung dalam ekstrakurikuler gamelan religi, serta untuk menggambarkan respon siswa terhadap penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam yang terkandung dalam ekstrakurikuler gamelan religi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi. Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Proses penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam berbasis budaya adalah melalui infiltrasi budaya dan agama, pemberian konsep dasar atau fondasi pemahaman kepada siswa bahwa musik adalah sebagai sarana kendaraan untuk mencapai ridho Allah dan syafa‟at Rasulullah SAW dengan menggunakan dasar QS. al-Hasyr ayat 1. Melalui pemaknaan yang terkandung dalam instrumen alat musik gamelan religi serta lirik lagu yang dibawakan dalam gamelan religi. (2) Nilai-nilai pendidikan agama Islam yang terkandung dalam ekstrakurikuler gamelan religi pada siswa di SMKN 1 Ngasem Kediri adalah nilai akidah yakni mengenai berdzikir dan berselawat dengan apa saja salah satunya melalui gamelan religi dengan menggunakan dasar al-Qur‟an QS. al-Hasyr ayat 1, nilai ibadah berupa para siswa tidak melupakan kewajiban sebagai hamba Allah, ketika waktu adzan siswa akan menghentikan gamelan religi dan melaksanakan sholat. Sedangkan nilai akhlak cenderung mengenai akhlak sosial. Nilai tersebut seperti gotong royong, disiplin, tanggung jawab, toleransi. (3) Respon siswa terhadap penanaman nilai-nilai PAI yang terkandung dalam gamelan religi adalah para siswa mampu meresapi dan memaknai nilai-nilai PAI yang terkandung dalam gamelan religi

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 27 Oct 2020 02:55
Last Modified: 27 Oct 2020 02:55
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1708

Actions (login required)

View Item View Item