Rahmah, Risalatul Mursyidah (2025) Penerapan Metode An-Nahdliyah dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur'an (BTQ) di MTs Sunan Ampel Kebet Lamongan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21201198_prabab.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21201198_bab1.pdf Download (340kB) |
![]() |
Text
21201198_bab2.pdf Download (323kB) |
![]() |
Text
21201198_bab3.pdf Download (304kB) |
![]() |
Text
21201198_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
21201198_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) |
![]() |
Text
21201198_bab6.pdf Restricted to Registered users only Download (251kB) |
![]() |
Text
21201198_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) |
![]() |
Text
21201198_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
21201198_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
Abstract
RISALATUL MURSYIDAH RAHMAH, Dosen Pembimbing Dr. Hj. MU’AWANAH, M.Pd dan NURUL DWI LESTARI, M.Pd, Penerapan Metode An-Nahdliyah dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) di MTs Sunan Ampel Kebet Lamongan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kediri, 2025. Kata Kunci: Penerapan, Metode An-Nahdliyah, BTQ. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penerapan metode an-Nahdliyah dalam pembelajaran baca tulis al-Qur’an (BTQ) di MTs Sunan Ampel Kebet Lamongan, 2) Dampak penerapan metode an-Nahdliyah dalam pembelajaran baca tulis al-Qur’an (BTQ) di MTs Sunan Ampel Kebet Lamongan, dan 3) Faktor penghambat penerapan metode an-Nahdliyah dalam pembelajaran baca tulis alQur’an (BTQ) di MTs Sunan Ampel Kebet Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu memperoleh sumber data dari guru dan siswa kelas jilid dalam pembelajaran BTQ, dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data mengacu pada model Miles dan Huberman yakni tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan teknik ketekunan pengamat, triangulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode an-Nahdliyah dalam pembelajaran BTQ terdiri dari tiga tahapan, yakni perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap perencanaan meliputi pengelompokan siswa sesuai hasil pretest, menyiapkan media berupa tongkat pendek kayu dan buku jilid metode an-Nahdliyah, absensi kehadiran, menentukan target pencapaian siswa dalam pembelajaran BTQ, dan menyiapkan pengajar yang kompeten dibidangnya. Tahap pelaksanaan sesuai dengan ciri khas metode an-Nahdliyah, yakni guru membaca terlebih dahulu untuk pengenalan bacaan dan siswa menyimak, siswa membaca secara klasikal dengan panduan ketukan tongkat dan guru menyimak, serta membaca secara individu sebagai evaluasi individu secara berkelanjutan. Tahap evaluasi dilakukan bagi siswa secara klasikal dan individu, serta bagi guru setiap tiga bulan sekali. 2) Adapun dampak penerapan metode an-Nahdliyah dalam pembelajaran BTQ yaitu peningkatan kemampuan dalam membaca al-Qur’an, pemahaman tajwid dan pelafalan bacaan yang lebih baik, peningkatan kepercayaan diri siswa, siswa lebih aktif terlibat dalam pembelajaran BTQ, serta pendekatan yang fleksibel dan efektif. 3) Faktor penghambat penerapan metode an-Nahdliyah dalam pembelajaran BTQ yaitu alokasi waktu yang terbatas dan siswa yang kurang konsentrasi saat pembelajaran berlangsung.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | RISALATUL MURSYIDAH RAHMAH |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 06:28 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 06:28 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17002 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |