Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Sikap Toleransi Beragama Siswa MA Zainul Hasan Pare dengan Tingkat Pemahaman Moderasi Beragama sebagai Variabel Intervening

Azizi, Moh. Khasan (2023) Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Sikap Toleransi Beragama Siswa MA Zainul Hasan Pare dengan Tingkat Pemahaman Moderasi Beragama sebagai Variabel Intervening. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20501012_Pra Bab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20501012_BAB 1.pdf

Download (548kB)
[img] Text
20501012_BAB 2.pdf

Download (555kB)
[img] Text
20501012_BAB 3.pdf

Download (458kB)
[img] Text
20501012_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (948kB)
[img] Text
20501012_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[img] Text
20501012_BAB 6.pdf

Download (221kB)
[img] Text
20501012_Form Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (178kB)
[img] Text
20501012_daftarpustaka.pdf

Download (439kB)

Abstract

Sikap Toleransi beragama merupakan hal yang sangat penting ditengah ancaman radikalisme yang masih berkembang. Untuk membentuk sikap toleransi beragama siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya status sosial ekonomi orang tua serta tingkat pemahaman moderasi beragama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap tingkat pemahaman moderasi beragama, pengaruh pemahaman moderasi beragama terhadap sikap toleransi beragama, serta pengaruh langsung dan tidak langsung dari status sosial ekonomi orang tua terhadap sikap toleransi beragama melalui tingkat pemahaman moderasi beragaam sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian analisis jalur(path analysis). Data penelitian ini dikumpulkan melalui angket/kuesioner serta dokumentasi. Responden penelitian terdiri atas 100 Siswa Siswi MA Zainul Hasan kelas X dan XI. Analisis data diawali dengan uji validitas dan reliabilitas instrumen, uji asumsi yang meliputi uji multikolinieritas, autokorelasi, heteroskedastisitas dan normalitas, kemudian dilanjutkan dengan analisis jalur. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Status sosial ekonomi orang tua berpengaruh terhadap tingkat pemahaman moderasi beragama siswa MA Zainul Hasan Pare sebesar 4 %, dan sisanya 96% dipengaruhi faktor lain di luar model. 2) tingkat pemahaman moderasi beragama berpengaruh terhadap sikap toleransi beragama siswa MA Zainul Hasan Pare sebesar 8 %, dan sisanya 92% dipengaruhi faktor lain di luar model. 3) Status sosial ekonomi orang tua berpengaruh terhadap sikap toleransi beragama siswa MA Zainul Hasan Pare sebesar 6 %, dan sisanya 94 % dipengaruhi faktor lain di luar model. 4) Status sosial ekonomi berpengaruh terhadap sikap toleransi beragama siswa MA Zainul Hasan Pare melalui tingkat pemahaman moderasi beragama sebagai variabel intervening sebesar 26 %, dan sisanya 74 % dipengaruhi faktor lain di luar model.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220402 Comparative Religious Studies
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 14 Apr 2025 04:55
Last Modified: 10 May 2025 03:18
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/16977

Actions (login required)

View Item View Item