Agustin, Karina (2023) Pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian dalam belajar siswa jurusan ipa kelas XII di MAN 4 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.
![]() |
Text
932135418_prabab.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
932135418_bab1.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
932135418_bab2.pdf Download (242kB) |
![]() |
Text
932135418_bab3.pdf Download (545kB) |
![]() |
Text
932135418_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (512kB) |
![]() |
Text
932135418_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) |
![]() |
Text
932135418_bab6.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
932135418_daftarpustaka.pdf Download (62kB) |
![]() |
Text
932135418_pernyataan.pdf Download (455kB) |
Abstract
KARINA AGUSTIN. Dosen pembimbing Drs. Noer Hidayah, M.Si dan Ummiy Fauziyah Laili, M.Si. Pengaruh Model Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Dalam Belajar Siswa Kelas XII IPA MAN 4 KEDIRI. Skripsi. Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah. 2023 Kata Kunci : Pola Asuh Orang Tua, Model Pola Asuh, Kemandirian Model pola asuh adalah ragam cara pengasuhan orang tua pada anak. Model pola asuh ada berbagai macam yaitu model pola otoriter, demokratis dan permisif. Setiap pola asuh memiliki karakteristik yang berbeda biasanya penerapan ini bergantung dengan model karakter orang tua. Kelas XII jurusan IPA adalah kelas terakhir yang memiliki tanggung jawab besar untuk nilai kelulusannya. Dengan beban materi yang semakin tinggi siswa harus pintar mangatur waktu belajar. Pasca pandemic covid-19 siswa mulai kembali beradabtasi kembali ke sekolah dengan metode pembelajaran yang dibawa oleh masing – masing guru. Metode pembelajaran memang memiliki pengaruh besar dalam hasil belajar siswa, namun tingkat keberhasilan datang pada tiap individu dalam belajar secara mandiri. Yang menarik perhatian peneliti disini adalah kemandirian belajar siswa yang berbeda dengan dampak yang berbeda. Hal ini mengacu pada lingkungan yang ditempati. Lingkungan yang paling dekat dengan siswa adalah keluarga. Hal ini menjadi pendorong untuk melakukan penelitian tentang pengaruh model pola asuh orang tua yang kemungkinan memicu perbedaan pada tingkat kemandirian setiap anak. Pendekatan yang digunakan peneliti adalah kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data dengan penyebaran angket, observasi serta dokumentasi. Analisis data dengan melakukan uji normalitas, uji homogenitas dan uji linieritas. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa Pengaruh model pola asuh orang tua terhadap kemandirian dalam belajar siswa kelas XII MAN 4 KEDIRI adalah kurang signifikan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling (Konseling Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | KARINA AGUSTIN |
Date Deposited: | 15 Apr 2025 06:32 |
Last Modified: | 15 Apr 2025 06:32 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/16968 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |