Adib, Muhammad Isomudin (2023) Analisis Literasi Islam Pada Peserta Didik Madrasah Hidayatut Thullab. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
932124419_prabab.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
932124419_bab1.pdf Download (327kB) |
![]() |
Text
932124419_bab2.pdf Download (144kB) |
![]() |
Text
932124419_bab3.pdf Download (210kB) |
![]() |
Text
932124419_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
932124419_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) |
![]() |
Text
932124419_bab6.pdf Download (106kB) |
![]() |
Text
932124419_daftarpustaka.pdf Download (216kB) |
![]() |
Text
932124419_lembarPernyataanPersetujuanPublikasi.pdf Download (227kB) |
Abstract
MUHAMMAD ISOMUDIN ADIB, dosen pembimbing I . JERHI WAHYU FERNANDA M. SI dan pembimbing II M. ROYYAN NAFIS FATHUL WAHAB, M.AG Analisis Literasi Islam Pada Peserta Didik Madrasah Hidayatut Thullab. Skripsi, Program Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kediri, 2024. Kata kunci : Analisis, literasi Islam, dan Peserta didik Madrasah Hidayatut Thullab. Kegiatan literasi Islam adalah suatu proses yang menjadi perhatian khusus dalam menghayati agama Islam, karena agama Islam yang berasal dari Tuhan perlu pendalaman baik dari sisi makna atau kata. Terlebih lagi maraknya informasi yang kurang jelas sumbernya yang kemudian menjadi sumber masalah lain menjadi motif pendorong untuk melaksanakan kegiatan tersebut. Berpijak dari itulah penulis melakukan penelitian di Madrasah Hidayatut Thullab Petuk Semen Kediri. Dalam penelitian ini memfokuskan pada dua fokus penelitian yakni: Bagaimanakah model literasi yang dilaksanakan di Madrasah Hidayatut Thullab, Apa saja upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kegiatan literasi di Madrasah Hidayatut Thullab.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengunakan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian menunjukan: 1. Model literasi islam yang diupayakan pada tempat penelitian memiliki kesamaan dengan model literasi empowering 8 menggunakan pendekatan pemecahan masalah untuk resource-based learning. Upaya-upaya yang digalakkan untuk meningkatkan kualitas literasi islam pada lokasi penelitian adalah menggunakan prinsip-prinsip evaluasi yang dimulai dengan penilaian, tes dan pengukuran serta dilakukan secara terus menerus. Dan kegiatan peningkatan ini tidak hanya menyasar pada peserta didik, namun juga kepada sang penanggung jawab.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | MUHAMMAD ISOMUDIN ADIB |
Date Deposited: | 11 Feb 2025 04:42 |
Last Modified: | 11 Feb 2025 04:42 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/16804 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |