Rosadi, Imron (2024) Strategi Pemasaran Badan Usaha Milik Pesantren (BUMP) Lirboyo Dalam Meningkatkan Penjualan Sarung Cap Lirboyo Ditinjau Dari Bauran Pemasaan 4P Dan Syariah Marketing. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
22505015_prabab.pdf Download (572kB) |
![]() |
Text
22505015_bab1.pdf Download (195kB) |
![]() |
Text
22505015_bab2.pdf Download (157kB) |
![]() |
Text
22505015_bab3.pdf Download (88kB) |
![]() |
Text
22505015_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) |
![]() |
Text
22505015_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) |
![]() |
Text
22505015_bab6.pdf Download (10kB) |
![]() |
Text
22505015_daftarpustaka.pdf Download (102kB) |
![]() |
Text
Form Pernyataan Persetujuan Publikasi (5).doc Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
Abstract
Imron Rosadi, 2024, Strategi Pemasaran Badan Milik Pesantren (BUMP) Lirboyo Dalam Meningkatkan Penjualan Sarung Cap Lirboyo Ditinjau Dari Bauran Pemasaran 4P dan Syariah Marketing. Strategi pemasaran BUMP Lirboyo dalam upaya meningkatkan penjualan sarung cap lirboyo ditengah-tengah persaingan pasar yang sangat ketat. BUMP Lirboyo menggunakan dan menggabungkan konsep strategi bauran pemasaran 4P (Product, Price, Place, Promotion) dengan Syariah marketing supaya strategi pemasarannya bisa berkembang dengan efektif serta sesuai dengan prinsip-pronsip islam. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan strategi pemasaran yang diterapkan BUMP Lirboyo dalam meningkatkan penjualan sarung cap lirboyo sesuai dengan bauran pemasaran 4P dan Syariah marketing. Penelitian ini merupakan penelitian field research (penelitian lapangan) metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif analisis dengan jenis penelitian kualitatif yang menjabarkan terhadap strategi pemasaran BUMP Lirboyo dalam meningkatkan penjualan sarung cap lirboyo yang menggabungkan konsep strategi bauran pemasaran 4P (Product, Price, Place, Promotion) dengan Syariah marketing yang sesuai dengan prinsip-prinsip islam. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan metode dokumentasi terhadap sumber terkait. Menurut Kotler dan Amstrong, pengertian strategi pemasaran adalah logika pemasaran dimana unit bisnis berharap untuk menciptakan nilai dan memperoleh keuntungan dari hubungannya dengan konsumen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Badan Usaha Milik Pesantren (BUMP) Lirboyo menerapkan berbagai strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan penjualan sarung cap Lirboyo. 1) Strategi pemasaran umum yang digunakan mencakup diversifikasi produk, penetapan harga yang kompetitif, distribusi melalui jaringan lokal yang luas, dan promosi yang menargetkan para santri, alumni dan simpatisan pondok lrboyo. 2) Analisis berdasarkan bauran pemasaran 4P menunjukkan bahwa BUMP Lirboyo berhasil memaksimalkan keunggulan produk dengan menjaga kualitas, menawarkan harga yang adil dan terjangkau, memanfaatkan lokasi strategis pesantren sebagai pusat distribusi, serta menjalankan promosi yang relevan. 3) Perspektif syariah marketing, strategi pemasaran BUMP Lirboyo menunjukkan kesesuaian dengan prinsip-prinsip syariah, terutama dalam hal keadilan harga, transparansi dalam komunikasi dengan pelanggan, dan pemeliharaan hubungan yang baik dengan konsumen berdasarkan nilai-nilai Islami. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran 4P, Syariah Marketing, BUMP Lirboyo, Sarung Cap lirboyo
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory |
Depositing User: | Imron Rosadi |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 03:46 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 03:46 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/16750 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |