Pengaruh Pemberian Penguatan (Reinforcement) Guru dalam Pembelajaran Fiqih Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Di MTsN 3 Mojokerto, Tahun Pelajaran 2017/2018

Nadzhifah, Nurin Lailatun (2018) Pengaruh Pemberian Penguatan (Reinforcement) Guru dalam Pembelajaran Fiqih Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Di MTsN 3 Mojokerto, Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932136314_PRA BAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932136314_BAB I.pdf

Download (161kB)
[img] Text
932136314_BAB II.pdf

Download (576kB)
[img] Text
932136314_BAB III.pdf

Download (296kB)
[img] Text
932136314_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img] Text
932136314_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text
932136314_BAB VI.pdf

Download (117kB)
[img] Text
932136314_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (126kB)
[img] Text
932136314_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran, guru hendaknya selalu memperhatikan keadaan peserta didik, dengan demikian peserta didik akan memiliki motivasi baik selama proses pembelajaran tersebut. Seperti halnya motivasi belajar siswa kelas VIII di MTs Negeri 3 Mojokerto. Salah satu cara menumbuhkan motivasi belajar siswa adalah dengan pemberian penguatan (reinforcement), dengan pemberian penguatan diharapkan siswa dapat termotivasi dalam belajar. Oleh karena itu peneliti memilih judul pemberian penguatan (reinforcement) sebagai variabel (X) dan motivasi belajar sebagai variabel (Y). Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemberian penguatan guru, motivasi belajar siswa, dan pengaruh pemberian penguatan (reinforcement) guru dalam pembelajaran fiqih terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di MTsN 3 Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 3 Mojokerto dengan jumlah sampel 150 siswa, diambil dengan teknik Proporsional Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket (questionnaire). Pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data variabel x tentang pemberian penguatan guru diperoleh nilai Mx= 71,43 berdasarkan tabel true score, pemberian penguatan guru dapat digolongkan kedalam skor antara 57 – 74 dikategorikan sedang. Data variabel y motivasi belajar diperoleh nilai My= 84,31 dapat digolongkan kedalam skor antara 79 – 97 yang dikategorikan tinggi. berdasarkan perhitungan analisis regresi sederhana diperoleh hasil bahwa pemberian penguatan mempengaruhi motivasi belajar sebesar sebesar 20,8% dan sisanya 79,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan menjelaskan, keterampilan melakukan variasi stimulus dan keterampilan yang lainnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara pemberian penguatan guru terhadap motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling (Konseling Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 26 Oct 2020 02:33
Last Modified: 26 Oct 2020 02:33
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1674

Actions (login required)

View Item View Item