IFANSYAH, QORIBI NUR (2025) Implementasi Kegiatan Infaq Jum'at Dalam Pembentukan Karakter Dermawan Siswa Di MA Ma'arif Udanawu Blitar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
|
Text
20201164_Pra BAB.pdf Download (742kB) |
|
|
Text
20201164_Skripsi BAB 2.pdf Download (294kB) |
|
|
Text
20201164_Skripsi BAB 3.pdf Download (242kB) |
|
|
Text
20201164_Skripsi BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (797kB) |
|
|
Text
20201164_Skripsi BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (259kB) |
|
|
Text
20201164_Skripsi BAB 6.pdf Download (110kB) |
|
|
Text
20201164_Skripsi Daftar Pustaka.pdf Download (172kB) |
|
|
Text
20201164_Skripsi Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
Text
20201164_Form Pernyataan Persetujuan Publikasi. (1).pdf Download (119kB) |
Abstract
Karakter didefinisikan sebagai sebuah kebiasaan yang membedakan antara individu satu dengan individu lainnya. Pada era globalisasi saat ini, pendidikan karakter sangat penting adanya, karena dengan adanya pendidikan karakter hal tersebut mampu mencegah peserta didik terombang-ambing oleh sikap/perilaku buruk. Agar peserta didik bisa berperilaku baik, tentunya harus membutuhkan pendidikan serta adanya perilaku pembiasaan-pembiasaan baik. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan implementasi kegiatan infaq jum’at dalam pembentukan karakter dermawan siswa di MA MA’ARIF Udanawu Blitar. 2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi kegiatan infaq jum’at dalam pembentukan karakter dermawan siswa di MA MA’ARIF Udanawu Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yng bersifat deskriptif. Adapun sumber data diperoleh dari guru akidah akhlak dan siswa dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan mengadakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Implementasi kegiatan infaq jum’at dalam pembentukan karakter dermawan siswa di MA MA’ARIF Udanawu Blitar diimplementasikan melalui beberapa kegiatan yaitu: a) Kegiatan di dalam kelas yaitu kegiatan infaq jum’at. b) Kegiatan di luar kelas yaitu penyaluran dana infaq jum’at kepada yayasan-yayasan panti asuhan, masjid, dan musholla yang ada di wilayah jangkauan MA MA’ARIF Udanawu Blitar. 2) Faktor pendukung dan penghambat implementasi kegiatan infaq jum’at dalam pembentukan karakter demawan siswa di MA MA’ARIF Udanawu Blitar yaitu: a) Faktor pendukung yaitu adanya lingkungan sekolah yang mendukung kegiatan infaq jum’at, keterlibatan guru dan orang tua siswa, monitoring dan evaluasi, pemberian apresiasi. b) Faktor penghambat yaitu kondisi ekonomi setiap siswa yang berbeda-beda, karakteristik siswa yang beragam.
| Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education (Pendidikan Berkelanjutan dan Komunitas) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | QORIBI NUR IFANSYAH |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 06:36 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 06:36 |
| URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/16681 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
