R FADLI, MOHAMMAD FAJAR (2020) Upaya Guru Kelas dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Akidah Akhlak di MI Hidaayatut Thullaab Banjarsari Ngantru Tulungagung. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.
Text
932113816_Pra Bab.pdf Download (957kB) |
|
Text
932113816_Bab 1.pdf Download (252kB) |
|
Text
932113816_Bab 2.pdf Download (424kB) |
|
Text
932113816_Bab 3.pdf Download (196kB) |
|
Text
932113816_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (358kB) |
|
Text
932113816_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) |
|
Text
932113816_Bab 6.pdf Download (97kB) |
|
Text
932113816_Daftar Pustaka.pdf Download (230kB) |
|
Text
932113816_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (471kB) |
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi adanya prestasi atau rangking yang diraih dalam Ujian Nasional se-Kecamatan Ngantru oleh sekolahan MI Hidaayatut Thullaab Banjarsari Ngantru Tulungagung. Tujuan dari program kurikulum dapat tercapai dengan baik jika programnya didesain secara jelas dan aplikatif. Terkait perencanaan dan pelaksanaan sekaligus menentukan strategi dan metode yang digunakan dalam proses pembelajaran guru harus efektif dalam memilih metode yang akan digunakan Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1). Bagaimana perencanaan guru kelas dalam meningkatkan kualitas pembelajaran akidah akhlak di MI HT Banjarsari? 2). Bagaimana pelaksanaan guru kelas dalam meningkatkan kualitas pembelajaran akidah akhlak di MI HT Banjarsari? 3). Bagaimana evaluasi guru kelas dalam meningkatkan kualitas pembelajaran akidah akhlak di MI HT Banjarsari? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah: 1). Untuk mendeskripsikan perencanaan guru kelas dalam meningkatkan kualitas pembelajaran akidah akhlak di MI HT Banjarsari, 2). Untuk mendeskripsikan pelaksanaan guru kelas dalam meningkatkan kualitas pembelajaran akidah akhlak di MI HT Banjarsari, 3). Untuk mendeskripsikan evaluasi guru kelas dalam meningkatkan kualitas pembelajaran akidah akhlak di MI HT Banjarsari. Dalam penelitian ini berdasarkan segi sifat data termasuk dalam penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data mengunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari laporan tertulis pada masing-masing peristiwa dalam waktu berlangsung di tiap-tiap lapangan penelitian. Laporan dibuat sesuai dengan tema-judul dan waktu, dan dihubungkan atau dipertimbangkan terhadap fungsi dan makna tiap-tiap kasus (laporan) dan dikembangkan sesuai dengan temanya. Hasil penelitian, 1) Manajemen Guru Kelas: a.) Perencanaan b.) Persiapan perangkat pembelajaran c.) Pelaksanaan pembelajaran, tugas guru kelas: Menyiapkan Administrasi Akademis, Memonitoring Pembelajaran, Pemetaan data kelas, Persiapan kegiatan pembelajaran, Mengadakan binaan kepada siswa yang mempunyai SDM Rendah, dan Guru sebagai Motivator. 2) Implementasi pembelajaran dari perencanaan pembelajran, metode pembelajaran dan penerapan pembelajaran terlaksana sesuai dengan kurikulum. 3.) Sistem evaluasi. Teknik yang digunakan penilaian formatif dan sumatif.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi) |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 22 Oct 2020 03:27 |
Last Modified: | 22 Oct 2020 03:27 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1659 |
Actions (login required)
View Item |