KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DAN ANAK DALAM PENGGUNAAN HANDPHONE PADA PESERTA DIDIK MADRASAH IBTIDAIYAH ISLAMIYAH UJUNGPANGKAH KABUPATEN GRESIK

LAILIYAH, AIZATIL (2024) KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DAN ANAK DALAM PENGGUNAAN HANDPHONE PADA PESERTA DIDIK MADRASAH IBTIDAIYAH ISLAMIYAH UJUNGPANGKAH KABUPATEN GRESIK. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.

[img] Text
933508819_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
933508819_bab1.pdf

Download (540kB)
[img] Text
933508819_bab2.pdf

Download (345kB)
[img] Text
933508819_bab3.pdf

Download (205kB)
[img] Text
933508819_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)
[img] Text
933508819_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img] Text
933508819_bab6.pdf

Download (191kB)
[img] Text
933508819_daftarpustaka.pdf

Download (409kB)
[img] Text
933508819_lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933508819_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)

Abstract

AIZATIL LAILIYAH, Dosen Pembimbing Hj. Citra Orwela, S.Fil, M.I.Kom. dan Lukman Hakim, M.Sos., Komunikasi Interpersonal Orang Tua dan Anak dalam Penggunaan Handphone pada Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Skripsi, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Kediri, 2024. Kata kunci: komunikasi interpersonal, orang tua dan anak, Handphone Perkembangan teknologi menghasilkan alat yang memudahkan dalam proses berkomunikasi. Salah satunya adalah Handphone. Manfaat dari Handphone sendiri tidak hanya dirasakan oleh orang dewasa, namun juga anakanak. Hadirnya fitur seperti audio visual membuat Handphone menjadi alat yang cukup menarik untuk anak-anak menggunakannya. Menurut kesehatan, anak yang bermain Handphone melebihi 3jam sehari menjadikan mereka cenderung lebih rentan kecanduan. Tentunya ini berdampak pada kehidupan sosialnya. Untuk itu orang tua berperan untuk memberikan pengawasan dan didikan dari keluarga karena orang tua adalah lingkungan terdekat anak. Hal ini dapat dilakukan dengan adanya komunikasi yang efektif antara orang tua dan anak untuk meminimalisir penggunaan Handphone secara berlebihan. Untuk itu penulis menggunakan teori Komunikasi Interpersonal oleh Joseph A. Devito untuk menganalisisnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komunikasi interpersonal orang tua dan anak untuk meminimalisir penggunaan Handphone dan menganalisis kendala orang tua dalam meminimalisir penggunaan Handphone. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu dengan memperoleh sumber data dari orang tua, peserta didik, dan guru. Kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan, penulis menyimpulkan bahwa komunikasi antara orang tua dan anak terjadi secara langsung dengan menggunakan model two ways process communication. Orang tua berperan untuk mendidik anak supaya tidak cenderung menggunakan Handphone melalui proses komunikasi. Rata-rata anak menggunakan Handphone setiap harinya sehingga hal ini menjadi kendala bagi orang tua untuk meminimalisir penggunaan Handphone karena sudah menjadi kebiasaan anak serta aktivitas orang tua yang cukup membuat anak kurang pengawasan. Hal ini juga karena kurangnya pengetahuan orang tua tentang bahaya teknologi digital.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200105 Organisational, Interpersonal and Intercultural Communication
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: AIZATIL LAILIYAH
Date Deposited: 23 Jan 2025 03:34
Last Modified: 17 Feb 2025 02:36
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/16578

Actions (login required)

View Item View Item