Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Membolos Pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Pagu Kabupaten Kediri Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015

Badriyah, Lailatul (2015) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Membolos Pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Pagu Kabupaten Kediri Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933401411_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
933401411_bab01.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933401411_bab02.pdf

Download (4MB)
[img] Text
933401411_bab03.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933401411_bab04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[img] Text
933401411_bab05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
933401411_bab06.pdf

Download (436kB)
[img] Text
933401411_daftarpustaka.pdf

Download (275kB)
[img] Text
933401411_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini mengambil lokasi di MTs Negeri Pagu Kabupaten Kediri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi mengenai perilaku membolos siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Pagu Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014/2015dan faktor- faktor yang mempengaruhi perilaku membolos siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Pagu Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014/2015, sehingga dapat memperoleh gambaran perilaku membolos yang dilakukan oleh siswa di MTs Negeri Pagu Kabupaten Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan berpijak pada paradigma perilaku sosial dengan mengambil teori tindakan beralasan (reasoned action theory). Menurut teori tindakan beralasan perilaku merupakan hasil pertimbangan sadar dari beberapa faktor, dan sikap bukanlah satu-satunya prediktor tunggal dari perilaku. Sedangkan asumsi dasar pada teori tindakan beralasan, yaitu (1) niat, (2) sikap terhadap perilaku, norma subjektif, dan control perilaku, (3) fungsi daripada perilaku, normatif, dan keyakinan yang terkontrol, dan (4) perilaku, normatif, dan keyakinan yang terkontrol dapat bervariasi sebagai fungsi dari berbagai faktor yang melatar belakangi. Pengumpulan data melalui teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan.Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling. Sementara itu teknik analisis kualitatif bergerak dari reduksi data, penyajian data, dan kemudian verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menitikberatkan pada perilaku membolos yang dilakukan oleh siswa dan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku membolos. Perilaku membolos pada siswa MTs Negeri Pagu Kediri adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh siswa untuk tidak mengikuti mata pelajaran atau tidak masuk sekolah tanpa adanya alasan yang tepat. Perilaku ini dilakukan dengan cara membolos sebelum mata pelajaran dimulai, meloncat pagar, beralasan sakit, beralasan pulang pagi, mengganti seragam dengan baju biasa saat berangkat sekolah, nongkrong di rumah teman, merokok, dan bermain playstation. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi adalah keyakinan siswa terhadap perilaku membolos yang akan memberikan ketenangan (hal positif) bagi dirinya, pemikiran yang diharapkan oleh seseorang, yakni teman dan orang tua, adanya kesempatan dan kemampuan membolos, perasaan terkekang dan membosankan saat berada di sekolah, waktu dan keadaan yang menumbuhkan intensi/ niat untuk membolos, dan membolos untuk menuruti keinginan dan kepuasan terhadap suatu objek.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: repo upload
Date Deposited: 21 Jan 2025 02:46
Last Modified: 21 Jan 2025 02:46
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/16349

Actions (login required)

View Item View Item