Malik, Rohmatul (2024) Pengembangan Media Koper Statistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Penyajian Data Di Kelas V SDN 1 Watudandang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932609020_Prabab.pdf Download (4MB) |
|
Text
932609020_bab 1.pdf Download (7MB) |
|
Text
932609020_bab 2.pdf Download (5MB) |
|
Text
932609020_bab 3.pdf Download (4MB) |
|
Text
932609020_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) |
|
Text
932609020_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (780kB) |
|
Text
932609020_daftar pustaka.pdf Download (1MB) |
|
Text
932609020_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
932609020_surat pernyataan.pdf Download (555kB) |
Abstract
MALIK, ROHMATUL. Dosen Pembimbing CHOIRUL ANNISA, M.Pd dan AYU RIDHO SARASWATI M.Pd. Pengembangan Media Koper Statistik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Penyajian Data di Kelas V SDN 1 Warudandang. Skripsi, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kediri. 2024. Kata Kunci: Penelitian Pengembangan, Media Pengembangan, Penyajian data, Koper Statistik, hasil belajar siswa, Penyajian data merupakan pelajaran matematika di kelas V kurikulum 2013. Penyajian data terdiri dari berbagai bentuk, yaitu tabel, diagram batang. diagram garis, diagram gambar, dan diagram lingkaran. Permasalahan yang ditemukan yaitu siswa merasakan kesulitan pada mata pelajaran matematika, terutama pada mata materi penyajian data di semester dua. Siswa sulit untuk membedakan bentuk-bentuk diagram dan siswa kesulitan dalam membaca, membandingkan data. Alat pembelajaran yang digunakan yaitu buku paket mandiri dan dari kemendikbud sehingga siswa mudah jenuh. Dari karakteristik siswa yang menyukai sesuatu yang konkrit jika tidak terdapat media pembelajaran siswa akan mudah bosan dan tidak semangat, sehingga nilai hasil helajarnya kurang. Maka dari itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan pengembangan media koper statistik, untuk mengetahui kelayakan media koper statistik, dan untuk mengetahui keefektifitasan media koper statistik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penyajian data di kelas V SDN 1 Watudandang. Pada penelitian dan pengembangan atau Research and Development (RnD) model penelitian yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Model ini termasuk dalam penelitian pengembangan prosedural dan tiap tahapan terdapat revisi dan evaluasi untuk memperoleh hasil yang lebih valid. Teknik pengumpulan yang dilakukan yaitu wawancara, observasi, angket, dan tes pada 15 siswa kelas V di SDN 1 Watudandang. Hasil penelitian dengan uji kelayakan produk berkategori sangat layak dari ahli media 1 sebesar 96% dan ahli media 2 sebesar 86%. Nilai ahli materi 1 sebesar 74% kategori layak dan ahli materi 2 sebesar 86% kategori sangat layak dan validasi soal dengan hasil sangat layak sebesar 88%. Dilanjutkan tahap uji coba setelah memperoleh nilai yang layak. Hasil analisis uji efektifitas pada seluruh siswa kelas V dengan nilai rata-rata hasil uji pre-test dan post-test menggunakan uji N-Gain diperoleh sebanyak 0,30 0,6081 <0.70 sehingga berkategori sedang. Artinya media koper statistik pada materi penyajian data efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN 1 Watudandang
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0104 Statistics > 010406 Stochastic Analysis and Modelling (Analisis dan Pemodelan Stochastic) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Rohmatul Malik |
Date Deposited: | 07 Jan 2025 06:14 |
Last Modified: | 07 Jan 2025 06:14 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/16331 |
Actions (login required)
View Item |