Pengaruh Sikap dan Minat Siswa Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas VII MTsN 3 Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018

Nasrulloh, Muhammad (2018) Pengaruh Sikap dan Minat Siswa Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas VII MTsN 3 Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932130114_PRA BAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932130114_BAB I.pdf

Download (509kB)
[img] Text
932130114_BAB II.pdf

Download (702kB)
[img] Text
932130114_BAB III.pdf

Download (589kB)
[img] Text
932130114_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB)
[img] Text
932130114_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Text
932130114_BAB VI.pdf

Download (5kB)
[img] Text
932130114_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (285kB)
[img] Text
932130114_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Dalam Kaitanya dengan hasil belajar, sikap serta minat belajar adalah salah satu hal yang memiliki pengaruh cukup signifikan dalam menentukan apakah seseorang siswa nantinya akan memiliki minat yang tinggi dalam kegiatan belajar mengajar yang nantinya akan mempengaruhi hasil belajarnya. Hal tersebut disebabkan sikap dan minat adalah pendorong untuk menentukan besar kecilnya kemauan anak dalam proses belajarnya. Anak yang memiliki sikap yang baik dan minat yang tinggi kemungkinan mempunyai hasil belajar yang tinggi yang nantinya dapat mengantarkan anak tersebut untuk meraih apa yang dicitacitakannya. Berangkat dari hal tersebut peneliti bermaksud menelaah lebih jauh 1)seberapa besar sikap siswa?, 2) seberapa minat siswa?, 3) seberapa besar prestasi belajar?, 4) bagaimanakah pengaruh sikap siswa terhadap prestasi belajar?, 5) bagaimana pengaruh minat terhadap prestasi belajar?, 6) bagaimnakah pengaruh sikap dan minat belajar terhadap prestasi?. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif . populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 3 Kediri yang berjumlah 351 siswa. Sampel data penelitian ini diperoleh sebanyak 186 siswa. Teknik pengambilan sampel (sampling) yang ditempuh adalah teknik Random Sampling. Metode pengumpulan data dengan angket, metode dokumentasi, dan analisis data statistik. Peneliti menganalisis data dengan menggunakan statistic non-parametric Kendall’s Tau Karena data dari variabel X tidak Normal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Sikap siswa tidak berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas VII di MTsN 3 Kediri tahun pelajaran 2017/2018. Hal itu dibuktikan dengan jumalah rhitung yang di dapat untuk variabel sikap siswa dan prestasi belajar (0,50) adalah lebih kecil dari rhtabel (0,148). Ditunjukkan dengan sikap siswa kelas VII di MTsN 3 Kediri pada tahun pelajaran 2017/2018 termasuk dalam kategori tinggi dengan presentase 46,77% yang berpedoman pada perhitungan true score dengan nilai rata-rata 81,2. Sedangkan untuk minat dibuktikan dengan jumalah rhitung yang di dapat untuk variabel minat siswa dan prestasi belajar (0,105) adalah lebih kecil dari rhtabel (0,148). Ditunjukkan dengan Minat belajar siswa di MTsN 3 Kediri pada tahun Pelajaran 2017/2018 termasuk dalam kategori tinggi dengan presentase 45,69% yang berpedoman pada perhitungan true score dengan nilai rata-rata 72,3. Ada korelasi antar sikap siswa dan minat belajar terhadap prestasi, hal tersebut dapat dilihat dari skor korelasi (rhitung) sebsesar 0,50 untuk sikap siswa. Sedangkan skor korelasi (rhitung) sebesar 0,105 untuk minat siswa dan kedua skor tersebut lebih kecil dari skor tabel yang sebesar 0,148.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling (Konseling Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 21 Oct 2020 04:38
Last Modified: 21 Oct 2020 04:38
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1631

Actions (login required)

View Item View Item