Manajemen Kurikulum Pondok Pesantren (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Dar Al-Qur’an Al-Islamiyah Pacul Gowang Diwek Jombang Jawa Timur)

SAVINAZ, FAULA AINI (2024) Manajemen Kurikulum Pondok Pesantren (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Dar Al-Qur’an Al-Islamiyah Pacul Gowang Diwek Jombang Jawa Timur). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932404617_prabab.pdf

Download (889kB)
[img] Text
932404617_bab1.pdf

Download (176kB)
[img] Text
932404617_bab2.pdf

Download (249kB)
[img] Text
932404617_bab3.pdf

Download (192kB)
[img] Text
932404617_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text
932404617_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[img] Text
932404617_bab6.pdf

Download (73kB)
[img] Text
932404617_daftarpustaka.pdf

Download (134kB)
[img] Text
932404617_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB)
[img] Text
932404617_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (205kB)

Abstract

FAULA AINI SAVINAZ: 932404617, Manajemen Kurikulum Pondok Pesantren (Studi Kasus di Pondok Pesantren Dar Al-Qur’an Al-Islamiah Pacul Gowang Diwek Jombang Jawa Timur), Dosen Pembimbing I Ibu Prof. Dr. Hj. Munifah, M.Pd. pembimbing II bapak Nurul huda Purnomo, M.Pd.: Skripsi, program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2024. Kata Kunci : Manajemen, Kurikulum, Pondok Pesantren Penelitian ini membahas tentang manajemen kurikulum homeschooling dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Perencanaan kurikulum Pondok Pesantren Dar Al-Qur’an Al-Islamiah, 2). Pengorganisasian kurikulum Pondok pesantren dar Al-Qur’an Al-Islamiah, 3). Implementasi kurikulum Pondok Pesantren Dar Al-Qur’an Al-Islamiah, 4). Evaluasi kurikulum Pondok pesantren Dar Al-Qur’an Al-Islamiah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui 1). Observasi, 2). Wawancara, dan 3). Studi dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah manajer homeschooling, kabag akademik, dan tutor. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kurikulum Pondok Pesantren Dar Al- Qur’an Al-Islamiah meliputi empat aspek, yaitu: perencanaan, pengorganisasian, implementasi, dan evaluasi. Adapun perencanaan kurikulum pondok pesantren dimulai dari: (1) mempersiapkan kebutuhan peserta didik, (2) treatment kepada guru, (3) pembuatan peraturan untuk santri. Pengorganisasian kurikulum pondok pesantren dilakukan dengan pembagian tugas hasil dari perencanaan kurikulum, yang mana didalamnya berisi tujuan pembelajaran, isi/bahan pembelajaran, cara penyampaian pembelajaran (strategi), dan evaluasi. Implementasi kurikulum Pondok Pesantren dilakukan berdasarkan pada kemampuan, bakat, dan minat peserta didik. Evaluasi yang dilakukan di Pondok Pesantren berupa evaluasi menyeluruh, tidak hanya terfokuskan pada kurikulum tetapi juga perkembangan peserta didik dan kinerja pendidik. Maka adanya santri yang terbagi menjadi tiga tipe, Yakni: (1) Tipe Bil Ghoib (2) Tipe Diniyah “salaf” (3) Tipe Formal, hendaknya menguasi dalam bidang masing-masing dan memperdalam pemahaman Al-Qur’an yang memiliki program unggulan famy Bisyauqin Dan Qolby Bisyauqin juga bisa menguasai kitab kuning dengan jenjang-jenjang Pendidikan kitab yang Mu’adalah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: FAULA AINI SAVINAZ
Date Deposited: 24 Dec 2024 06:44
Last Modified: 24 Dec 2024 06:44
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/16223

Actions (login required)

View Item View Item