Aula, Fitri Alfiatul (2018) Analisis Kitab Al-Akhlāq Lil Banāt Karya Umar bin Achmad Baradja dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter Bangsa. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932119814_PRA BAB.pdf Download (178kB) |
|
Text
932119814_BAB I.pdf Download (119kB) |
|
Text
932119814_BAB II.pdf Download (118kB) |
|
Text
932119814_BAB III.pdf Download (224kB) |
|
Text
932119814_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (254kB) |
|
Text
932119814_BAB V.pdf Download (41kB) |
|
Text
932119814_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (64kB) |
Abstract
Kehancuran suatu bangsa diawali dengan kemerosotan karakternya. Cukup banyak fakta yang membuktikan bahwa kekuatan dan kebesaran suatu bangsa pada hakikatnya berpangkal pada kekuatan karakternya. Semakin tinggi kesopanan dan peradaban setiap individu dalam masyarakat semakin tinggi pula derajat itu. Sebaliknya, masyarakat akan hancur dan sulit untuk ditertibkan jika masing-masing orang tidak menghormati dan mematuhi nilai-nilai kesopanan. Pemerintah Indonesia saat ini mulai menggalakkan adanya pendidikan karakter bangsa sebagai acuan bagi kehidupan masyarakat di negara ini. Hal tersebut dilakukan karena adanya kondisi karakter masyarakat bangsa yang semakin tragis hingga muncul adanya degradasi moral selain juga mempersiapkan anak-anak untuk menghadapi kompetisi global dalam persaingan Sumber Daya Manusia. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui nilai-nilai yang terkandung di dalam pendidikan karakter bangsa, pendidikan karakter yang terkandung di dalam kitab Al-Akhlāq Lil Banāt, dan relevansi antara kitab Al-Akhlāq Lil Banāt dengan pendidikan karakter bangsa. Permasalahan ini dibahas dengan menggunakan jenis library research. Sedangkan metode pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi. Data primer diperoleh dari kitab Al-Akhlāq Lil Banāt karya Umar bin Achmad Baradja dan Peraturan Presiden nomor 87 tahun 2017 pasal 3 tentang penguatan pendidikan karakter (PPK), sedangkan data sekunder diperoleh dari jurnal-jurnal maupun buku-buku yang relevan dengan pendidikan karakter bangsa. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis menggunakan metode hermeneutik yang berupaya menafsiri maksud yang dikandung oleh sebuah teks. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa kitab Al-Akhlāq Lil Banāt sangat relevan dengan pendidikan karakter bangsa yang telah dicanangkan oleh pemerintah saat ini. Hal tersebut dapat dilihat dari isi kitab Al-Akhlāq Lil Banāt yang di dalamnya menjelaskan berbagai karakter yang harus dilakukan oleh masyarakat Indonesia sejak masih usia dini dan kesesuaian isi kitab dengan peraturan pemerintah saat ini. Oleh karena itu, kitab Al-Akhlāq Lil Banāt karya Umar bin Achmad Baradja diharapakan dapat bermanfaat bagi masyarakat untuk dapat digunakan sebagai penambah wawasan khasanah ilmu pengetahuan terkait karakter atau akhlak untuk anak.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021402 Taqwim al-Ta'lim (Teaching Evaluation) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 21 Oct 2020 03:37 |
Last Modified: | 21 Oct 2020 03:37 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1622 |
Actions (login required)
View Item |