FITHRIYAH, NISWATUL (2020) Efektivitas Penggunaan Strategi Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) Dan Cooperative Integrated Reading And Compotition (CIRC) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada Siswa Kelas X IIS di Ma Ma’arif Udanawu Blitar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.
Text
932109115_Pra Bab.pdf Download (610kB) |
|
Text
932109115_Bab 1.pdf Download (138kB) |
|
Text
932109115_Bab 2.pdf Download (133kB) |
|
Text
932109115_Bab 3.pdf Download (287kB) |
|
Text
932109115_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (384kB) |
|
Text
932109115_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (129kB) |
|
Text
932109115_Bab 6.pdf Download (74kB) |
|
Text
932109115_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
Abstract
Pembelajaran adalah suatu aktivitas yang memperngaruhi hasil belajar siswa. Pembelajaran yang baik dan efektif dapat meningkatkan keaktifan siswa. Keaktifan siswa dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini, ditemukan permasalahan dalam pembelajaran siswa, diantaranya ialah ketidak tertarikan siswa terhadap materi pelajaran dan munculnya rasa bosan yang ditandai dengan ketidak fokusan dalam belajar, ramai di kelas bahkan tidur di kelas. Hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa di MA Ma’arif Udanawu Blitar. Maka peneliti menggunakan Strategi pembelajaran STAD dan CIRC yang dapat meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar siswa yang menggunakan strategi belajar STAD dan CIRC, dan adakah perbedaan hasil belajar siswa antara penggunaan strategi STAD dan CIRC. selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran paling efektif dalam meningkatkan hasil belajar antara STAD dan CIRC Populasi penelitian ini adalah 417 siswa dan sampel sebanyak 131 siswa MA Al Ma’arif Udanawu yakni, kelas X IIS 1, X IIS 2, dan X IIS 4. Teknik Pengambilan sample ialah Simple Random Sampling dengan kerangka penelitian Quasi Experimental. Dari Hasil penelitian adanya peningkatan hasil belajar untuk kelas yang penerapan strategi pembelajaran STAD sebesar 28,02%, yakni 64,28 dengan kategori “cukup” Sedangkan untuk hasil belajar yang CIRC mengalami peningkatan sebesar 54,34%.yakni 66,91 denga kategori “cukup”. Sedangkan strategi pembelajaran paling efektif antara STAD dan CIRC dengan kelas kontrol ialah Strategi pembelajaran CIRC dengan nilai sig (2- tailed) antara STAD dan Kelas Kontrol sebesar 0,00 dan t hitung> t tabel, yakni 2,056>1, 989 , sedangkan nilai sig (2- tailed) pada antara kelas kontrol dan CIRC sebesar 0,00> 0,05. Dengan t hitung > t tabel yakni, 2,18>1,99. Serta nilai sig (2- tailed) antara CIRC dengan STAD ialah sebesar 0,00< 0,05 sedangkan nilai t hitung> t tabel, yakni 1,996>1,989.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi) |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 21 Oct 2020 02:25 |
Last Modified: | 21 Oct 2020 02:25 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1618 |
Actions (login required)
View Item |