Assajad, Syarifatul Ilma (2024) Strategi Komunikasi Humas Kantor Bea Cukai Kota Kediri Dalam Meningkatkan Citra Positif. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933503919_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
933503919_bab1.pdf Download (259kB) |
|
Text
933503919_bab2.pdf Download (415kB) |
|
Text
933503919_bab3.pdf Download (216kB) |
|
Text
933503919_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
933503919_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) |
|
Text
933503919_bab6.pdf Download (86kB) |
|
Text
933503919_daftar_pustaka.pdf Download (233kB) |
|
Text
933503919_Pernyataan Publikasi (1).pdf Download (311kB) |
Abstract
Di era digital seperti sekarang ini, banyak informasi dan pemberitaan yang tersebar dalam media massa tentu akan membawa dampak positif maupun negatif. Humas Kantor Bea Cukai merupakan penjembatan antara instansi dengan masyarakat. Berperan penting dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat, mensosialisasikan peraturan-peraturan yang ada serta merespon berita-berita negatif terkait wewenang maupun penipuan yang mengatasnamakan Kantor Bea Cukai Kota Kediri. Dalam pencapaian tujuan tersebut dibutuhkan strategi komunikasi tertentu untuk dilakukan hingga mempunyai nilai berita dan layak untuk dipublish kepada masyarakat. Dengan uraian tersebut, peneliti tertatik untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi humas dalam meningkatkan citra positif Kantor Bea Cukai Kota Kediri. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti juga menggunakan alaisis data dari Miles dan Huberman dengan 4 tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan Keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas dengan metode triagulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan teori Cutlip-Center-Brom terdpat empat tahapan strategi komunikasi dalam meningkatkan citra positif yaitu, pertama defining the problem melalui penyerapan saran dari berbagai pihak, kedua planning and programming dimana humas mendatangi kampus, SMKA/K dan kunjungan indutri, ketiga talking action and communicating adalah komunikasi dan sosialisasi prestasi maupun kegiatan kehumasan melalui media massa cetak, elektronik maupun media sosial, dan keempat Evaluating the program yang dilakukan humas Kantor Bea Cukai Kota Kediri dengan melihat feedback dari masyarakat. Selain itu dalam melakukan strategi komunikasi ini terdapat beberapa faktor penghambat yaitu beredar berita yang tidak benar, kurangnya kemampuan SDM di bidang desain grafis. Ada pula faktor pendukung yang membantu meningkatkan citra positif dengan baik diantaranya, penggunaan media massa dengan baik sehingga mempercepat informasi sampai ke publik, SDM humas yang mampu bekerja dengan profesional dalam menyampaikan informasi maupun menghadapi berita negatif.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | SYARIFATUL ILMA ASSAJAD |
Date Deposited: | 19 Dec 2024 07:08 |
Last Modified: | 19 Dec 2024 07:08 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/16167 |
Actions (login required)
View Item |