Self Regulated Learning Pada Mahasiswa Yang Bekerja Dan Tidak Bekerja (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Psikologi Islam IAIN Kediri)

Seviani, Nur Hidayati (2024) Self Regulated Learning Pada Mahasiswa Yang Bekerja Dan Tidak Bekerja (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Psikologi Islam IAIN Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933401617_PRABAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933401617_BAB I .pdf

Download (528kB)
[img] Text
933401617_BAB II.pdf

Download (451kB)
[img] Text
933401617_BAB III.pdf

Download (403kB)
[img] Text
933401617_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (961kB)
[img] Text
933401617_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB)
[img] Text
933401617_BAB VI.pdf

Download (161kB)
[img] Text
933401617_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (292kB)
[img] Text
lembar persetujuan karya ilmiah.pdf

Download (496kB)

Abstract

NUR, HIDAYATI SEVIANI, 2024. Self Regulated Learning pada Mahasiswa yang Bekerja dan Tidak Bekerja (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Psikologi Islam IAIN Kediri), Skripsi, Program Studi Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Kediri. Pembimbing (1) Dr. Moh. Shofiyul Huda MF. M.Ag. dan (2) Luthfi Atmasari, M. Psi Psikolog. . Kata Kunci: self regulated learning, Mahasiswa. Self-regulated learning adalah proses dimana individu mengatur, mengelola, dan mengendalikan proses belajarnya sendiri. Hal ni mencakup berbagai strategi, keterampilan, dan sikap yang memungkinkan seseorang untuk menjadi pembelajar yang efektif dan mandiri. Self-regulated learning menunjukkan individu untuk menjadi pembelajar yang lebih efektif dan mandiri, dengan mampu mengatasi tantangan belajar, memperoleh pemahaman yang lebih mendalam, dan mencapai tujuan belajar mereka dengan lebih baik. Konsep ini penting dalam konteks pendidikan karena mengembangkan kemampuan Self-regulated learning dapat membantu mahasiswa menjadi pembelajar seumur hidup yang kompeten dan adaptif. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Self Regulated Learning pada mahasiswa yang bekerja dan tidak bekerja di IAIN Kediri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan atau fieldwork dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, peneliti memerlukan sepuluh mahasiswa diantaranya lima mahasisa bekerja dan lima mahasiswa tidak bekerja sebagai subjek yang diambil dari Mahasiswa Program Studi Psikologi Islam IAIN Kediri. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan metode triangulasi teknik atau metode, sedangkan teknik analisa data dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini melihat Self Regulated Learning pada mahasiswa yang bekerja dan tidak bekerja. Kemampuan dalam memecahkan permasalahan terdapat bahwa mahasiswa yang bekerja dan tidak bekerja memiliki kemampuan untuk mengatasi masalah Selanjutnya mahasiswa yang bekerja dan tidak bekerja dapat menggunakan manajemen waktu yang baik, seperti memprioritaskan tugas dan memanfaatkan waktu luang untuk belajar. Di sisi lain, mahasiswa yang tidak bekerja memiliki gaya belajar yang berbeda-beda, seperti fokus pada ketertarikan terhadap materi atau mengerjakan tugas mendekati deadline. Pada aspek motivasi mahasiswa baik yang bekerja maupun tidak, menunjukkan tingkat optimisme, kegigihan, dan motivasi yang tinggi dalam belajar. dalam aspek perilaku belajar, kedua kelompok mahasiswa memilih lingkungan yang optimal dan waktu yang tepat untuk belajar sesuai dengan preferensi masing-masing

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170111 Psychology of Religion
Depositing User: SEVIANI NUR HIDAYATI
Date Deposited: 17 Dec 2024 04:47
Last Modified: 17 Dec 2024 04:47
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/16150

Actions (login required)

View Item View Item