Analisis Strategi Pelayanan Dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus : SK Coffee Lab Kelurahan Banjaran Kota Kediri )

Sari, Ratri Fadillah (2024) Analisis Strategi Pelayanan Dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus : SK Coffee Lab Kelurahan Banjaran Kota Kediri ). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
934107719_Pra bab.pdf

Download (926kB)
[img] Text
931300218_bab1.pdf

Download (321kB)
[img] Text
934107719_BAB II.pdf

Download (209kB)
[img] Text
934107719_BAB III.pdf

Download (106kB)
[img] Text
934107719_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text
934107719_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text
934107719_BAB VI.pdf

Download (67kB)
[img] Text
934107719_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img] Text
934107719_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
934107719_Form Pernyataan Persetujuan Publikasi RATRI.pdf

Download (162kB)

Abstract

Ratri Fadillah Sari, Dosen Pembimbing Bapak Rofik Efendi, S.Kom., M.M. dan Dr.Muhamad Wildan Fawa’id, M.EI. Analisis Strategi Pelayanan dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus: SK Coffee Lab Kelurahan Banjaran Kota Kediri), Ekonomi Syari’ah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri 2024. Kata Kunci : Strategi Pelayanan, Loyalitas Konsumen, Analisis SWOT Strategi merujuk pada serangkaian rencana besar yang menggambarkan bagaimana sebuah perusahaan atau organisasi harus beroperasi agar dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Menurut Freddy Rangkuti, pelayanan merupakan upaya untuk memenuhi harapan pelanggan dan sikap yang dapat mengakibatkan rasa puas. Jika pelayanan yang diterima konsumen melebihi harapan konsumen, maka pelayanan dapat dikatakan sebagai pelayanan yang baik atau ideal. Tetapi, jika pelayanan yang diterima lebih rendah dari harapan konsumen, maka pelayanan dikatakan buruk Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti dengan melakukan observasi di SK Coffee Lab, selanjutnya dengan wawancara kepada Bapak Adde selaku manager, para staf dan barista SK Coffee Lab, dan kemudian diperkuat dengan dokumentasi dokumentasi kegiatan. Dari hasil penelitian ini, analisis strategi yang disusun menggunakan analisis SWOT pada SK Coffee Lab efektif dalam mempertahankan pelanggan. Dengan menggunakan analisis SWOT, SK Coffee Lab mampu menganalisis Internal Strategic Factors Analysis Summary (IFAS) dan External Strategic Factors Analysis Summary (EFAS). Berdasarkan pengelompokan IFAS dan EFAS, SK Coffee Lab kemudian mencari strategi dengan menggunakan matriks SWOT. Hasil dari matriks SWOT menunjukkan bahwa strategi yang tepat untuk SK Coffee Lab adalah strategi strength-opportunities (SO). Strategi SO meliputi: (1) Mempromosikan ruang VIP dan meja meja besar untuk event ataupun meeting di media sosial SK Coffee Lab. (2) Meningkatkan kualitas produk di SK Coffee Lab dengan melakukan diversifikasi dan sistem bundling pada menunya. (3) Lokasi SK Coffee Lab yang luas dan strategis cocok dengan Lifestyle atau gaya hidup masyarakat perkotaan yang sering mehabiskan waktu luangnya untuk bersantai. (4) Meningkatkan kualitas pelayanan dengan meningkatkan fasilitas pada SK Coffee Lab.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1499 Other Economics > 149901 Comparative Economic Systems
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Ratri Fadillah Sari
Date Deposited: 16 Dec 2024 07:32
Last Modified: 16 Dec 2024 07:32
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/16135

Actions (login required)

View Item View Item