AKBAR, ALVIYAN ALMUDI (2024) Strategi Pengembangan Wisata Edukasi Kampung Lele Melalui Usaha Kuliner (Tales Ngadiluwih Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
931317918_PRA BAB.pdf Download (488kB) |
|
Text
931317918_BAB 1.pdf Download (249kB) |
|
Text
931317918_BAB 2.pdf Download (90kB) |
|
Text
931317918_BAB 3.pdf Download (120kB) |
|
Text
931317918_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) | Request a copy |
|
Text
931317918_BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (64kB) | Request a copy |
|
Text
931317918_BAB 6.pdf Download (45kB) |
|
Text
931317918_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (54kB) |
|
Text
931317918_LAMPIRAN (1).pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) | Request a copy |
|
Text
931317918__publikasi alviyan.pdf Download (65kB) |
Abstract
ABSTRAK Alviyan Almudi Akbar. 2024 Srategi Pengembangan Wisata Edukasi Kampung Lele Melalui Usaha Kuliner Ikan Lele Tales Ngadiluwih Kediri. Dosen penguji Ririn Tri Puspita Ningrum, M.Si pembimbing I Achmad Munif. SE., MM dan Dosen pembimbing II Ulin Ni’mah Rodliya Ulfah., M.Pd. Program Studi Ekonomi syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Negeri Kediri Kata Kunci: Srategi Pengembangan, Wisata Edukasi, Usaha Kuliner Ikan Lele Sektor wisata merupakan salah satu sumber devisa desa yang sangat penting dan mampu memberikan daya tarik bagi masyarakat khusnya untuk meningkatkan popularitas dan kesejahteraan dalam perekonomian suatu wilayah seperti penyerapan lapangan kerja. Kabupaten Kediri merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang masih terus berupaya meningkatkan aset wisata adalah Desa tales Kecamatan Ngandiluwih Kabupaten Kediri. Desa Tales berusaha untuk mencari strategi pengembangan wisata melalui usaha kuliner ikan lele agar dapat menarik wisatawan berkunjung dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Upaya tersebut merupakan proses dan peningkatan peran serta inisiatif Wisata Edukasi Kampung Lele sebagai salah satu stakeholder penting dalam pengembangan wisata kuliner melalui usaha ikan lele. Penelitian merupakan penelitian kualitatif. Informasi mengenai penenlitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan wisata udukasi kampung lele melalui kuliner ikan lele. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Desa Tales Kecamatan Ngandiluwih Kabupaten Kediri Selama 2022 maret sampai mei 2024. Hasil analisis menunjukkan 1) Strategi pengembangan Wisata Edukasi Kampung Lele dengan keunikan yang dimiliki untuk menarik minat pengunjung. Selain itu dengan memberikan beberapa fasilitas penunjang seperti lahan parkiran, mushola, warung makan kamar mandi, kolam renang dan fasilitas karaoke. Kemudian untuk pelayanan dengan keramahan menghadapi pengunjung, kecepatan dan kebersihan dalam menyajikan makanan. Pengembangan wisata ini juga turut melakukan strategi promosi untuk memperluas pengunjung. Promosi yang di tawarkan di wisata edukasi kampung lele dengan cara mulut-ke mulut, mengikuti karnaval, mengadakan seminar mengenai kuliner dan promosi online melalui ig dan bergabung di platform go-food. 2) Strategi pengembangan Wisata Edukasi Kampung Lele melalui usaha kuliner dengan menyajikan berbagai menu makanan olahan berbahan dasar ikan lele. Adapun menu makanan tersebut antara lain sate lele, lele bakar empon-empon, lele terbang, crispy lele, bakso lele, sempol lele, nugget lele, tahu bakso lele, stik/krupuk/rambak lele, sosis solo lele, otak-otak lele, rolade lele, martabak lele, samosa lele, risoles lele, abon lele dan tempura lele.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140105 Islamic Economic Theory (Dasar-dasar Teori Ekonomi Islam) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | AIVIYAN ALMUDI AKBAR |
Date Deposited: | 13 Dec 2024 09:40 |
Last Modified: | 13 Dec 2024 09:40 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/16120 |
Actions (login required)
View Item |