Putri, Hilda Kirana (2024) Analisis kemampuan representasi matematis siswa kelas VII dalam menyelesaikan soal materi aljabar berbasis etnomatematika. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
20204035_prabab.pdf Download (2MB) |
|
Text
20204035_bab1.pdf Download (330kB) |
|
Text
20204035_bab2.pdf Download (582kB) |
|
Text
20204035_bab3.pdf Download (558kB) |
|
Text
20204035_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
20204035_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) |
|
Text
20204035_bab6.pdf Download (184kB) |
|
Text
20204035_daftarpustaka.pdf Download (426kB) |
Abstract
PUTRI, HILDA KIRANA. Dosen Pembimbing I Ahmad Syamsudin, M.Kom, dan Dosen Pembimbing II Nalsa Cintya Resti, M.Si, Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Materi Aljabar Berbasis Etnomatematika. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2024. Kata Kunci: Kemampuan Representasi Matematis, Aljabar, Etnomatematika Kemampuan representasi matematis merupakan kemampuan penting dalam mengaplikasikan konsep matematika seperti aljabar. Salah satu instrumen yang dapat digunakan untuk mengukur kemampuan ini adalah soal cerita berbasis etnomatematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa kelas VII. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif berjenis studi kasus. Subjek yang digunakan adalah siswa kelas VII B berjumlah 31 siswa di MTs Negeri 9 Kediri. Sumber data primer yang diperlukan oleh peneliti adalah guru matematika dan siswa kelas VII sedangkan sumber data sekunder yaitu jurnal ilmiah terkait kemampuan representasi matematis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Dalam penelitian ini digunakan analisis data menurut Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi metode. Penelitian ini menggunakan tes kemampuan representasi matematis yang sudah divalidasi oleh 2 orang dosen tadris matematika sebagai validator. Setelah dilakukan revisi sesuai dengan saran dari kedua validator, peneliti menghitung validitas setiap soal dan mendapatkan hasil bahwa soal nomor 1 memiliki validitas sebesar 0,79688, soal nomor 2 memiliki validitas sebesar 0,82813, dan soal nomor 3 memiliki validitas sebesar 0,82813. Selanjutnya, soal diberikan kepada siswa kelas VII B. Hasil jawaban kemudian dikoreksi oleh peneliti menggunakan pedoman penskoran sesuai dengan indikator kemampuan representasi matematis, yaitu kemampuan bahasa, kemampuan simbol matematis, dan kemampuan simbol gambar. Selanjutnya, skor yang diperoleh ini dikategorikan dalam tiga kategori, yaitu rendah, sedang, dan tinggi. Mayoritas siswa masuk pada kategori sedang yaitu sebanyak 21 siswa dengan persentase 68%. Peneliti mengambil 2 siswa dalam setiap kategori dilanjutkan dengan wawancara. Berdasarkan hasil tes, indikator yang paling dikuasai siswa kelas VII adalah kemampuan representasi bahasa pada bagian menulis informasi dalam soal sedangkan yang belum dikuasai adalah kemampuan representasi simbol matematis pada bagian menghitung harga batik menggunakan cara substitusi. Berdasarkan hasil wawancara, siswa kategori tinggi memenuhi 3 indikator, siswa kategori sedang memenuhi 2 indikator, dan siswa kategori rendah tidak memenuhi 3 indikator. Dari penelitian ini diharapkan guru dapat mengintegrasikan unsur-unsur etnomatematika dalam materi aljabar dan mampu menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan siswanya.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | HILDA KIRANA PUTRI |
Date Deposited: | 16 Dec 2024 03:12 |
Last Modified: | 16 Dec 2024 03:12 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/16090 |
Actions (login required)
View Item |