AL-JALIELAH, WAHDATUT TAWADDUD (2020) Pendidikan Karakter Perspektif Al-Qur‟an Surat Maryam Ayat 12- 20. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.
Text
932108514_Pra bab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932108514_Bab 1.pdf Download (587kB) |
|
Text
932108514_Bab 2.pdf Download (652kB) |
|
Text
932108514_Bab 3.pdf Download (1MB) |
|
Text
932108514_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (676kB) |
|
Text
932108514_Bab 5.pdf Download (118kB) |
|
Text
932108514_Daftar Pustaka.pdf Download (229kB) |
|
Text
932108514_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (650kB) |
Abstract
Di Indonesia, jumlah pilar-pilar pendidikan karakter dapat beragam sesuai dengan pendapat yang diikuti. Adapun pilar-pilar pendidikan karakter yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah sembilan pilar karakter dasar yang dikembangkan oleh Indonesia Heritage Foundation (IHF). Sementara itu, al-Quran diturunkan sebagai petunjuk bagi umat-Nya. Dalam QS. Maryam ayat 12-20 Allah menunjukkan sifat-sifat baik pada nabi Yahya dan Maryam. Dengan begitu, fokus penelitian ini adalah bagaimana konsep pendidikan karakter, bagaimana kisah dalam surat Maryam ayat 12- 20, dan bagaimana pendidikan karakter perspektif al-Qur‟an Surat Maryam ayat 12-20. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan studi pustaka (Library Research). Dengan mengumpulkan data dari sumber primer maupun sumber sekunder. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis menggunakan metode tahlili (metode tafsir yang menjelaskan seluruh aspek dari kandungan ayat-ayat alQur‟an) pada QS. Maryam ayat 12-20. Hasil penelitian penulis mengungkapkan bahwa : (1) konsep pendidikan karakter itu membutuhkan adanya faktor eksternal dan faktor internal. Sebagaimana misi Nabi Muhammad SAW yakni manusia sebagai khalifah fil ardh berperan memperbaiki akhlak baik untuk diri sendiri maupun orang lain. (2) kisah Nabi Yahya dan Maryam dalam QS. Maryam ayat 12-20. terlahirnya Nabi Yahya oleh orang tua yang renta. Dan proses sebelum Maryam melahirkan Nabi Isa. Dan dari kedua kisah ini memiliki sifat-sifat baik yang dapat diteladani. (3) adapun konsep pendidikan karakter perspektif al-Qur‟an Surat Maryam ayat 12-20 terdapat beberapa pilar pembentuk karakter yang terdiri dari 9 pilar, yakni:(a) Cinta kepada Allah SWT dan seluruh semesta alam pada ayat 12 dan ayat 16 (b) Tanggung jawab pada ayat 12, mandiri pada ayat 16 (c) Jujur terdapat pada ayat 20 (d) Hormat dan santun pada ayat 14 (e) Kasih sayang, peduli pada ayat 13 (f) Percaya diri pada ayat 18, pantang menyerah pada tafsir tematik Ghazali ayat 11-12 (g) Kepemimpinan terdapat pada ayat 14 (h) Baik dan rendah hati pada ayat 14.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021499 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 20 Oct 2020 05:48 |
Last Modified: | 20 Oct 2020 05:48 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1609 |
Actions (login required)
View Item |