PENGARUH PEER SOCIAL SUPPORT DAN SCHOOL CLIMATE TERHADAP BURNOUT ACADEMIC PADA SISWA MTS HIDAYATUS SALAM DESA LOWAYU Kec. DUKUN Kab. GRESIK

SARI, NURRO INDRI DWITA (2024) PENGARUH PEER SOCIAL SUPPORT DAN SCHOOL CLIMATE TERHADAP BURNOUT ACADEMIC PADA SISWA MTS HIDAYATUS SALAM DESA LOWAYU Kec. DUKUN Kab. GRESIK. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.

[img] Text
20104030_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20104030_bab1.pdf

Download (307kB)
[img] Text
20104030_bab2.pdf

Download (363kB)
[img] Text
20104030_bab3.pdf

Download (277kB)
[img] Text
20104030_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text
20104030_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text
20104030_bab6.pdf

Download (39kB)
[img] Text
20104030_daftarpustaka.pdf

Download (176kB)
[img] Text
20104030_lampiran.pdf

Download (2MB)
[img] Text
20104030_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)

Abstract

Sari, Nurro Indri Dwita 2024. Dosen Pembimbing Drs. Moh. Irfan Burhani, M.Psi dan Shofi Mirwani, M,Psi,Psikolog. Pengaruh Peer Social Support dan School Climate terhadap Burnout Academic pada siswa MTS Hidayatus Salam Desa Lowayu Kec. Dukun Kab. Gresik. Program Studi Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2024. Kata Kunci : Peer Social Support, School Climate, Burnout Academic Burnout academic adalah tahapan kelelahan fisik, emosional, dan mental yang disebabkan keterlibatan belajar dalam jangka waktu yang lama dalam situasi yang penuh tuntutan secara emosional. Data lapangan yang telah didapatkan oleh peneliti menunjukan bahwa ada masalah burnout academic yang dirasakan oleh siswa MTS Hidayatus salam Desa Lowayu Kec. Dukun Kab. Gresik. Secara teoritis burnout academic dapat dipengaruhi oleh dua faktor yaitu, Peer Social Support dan School Climate. Peer social support adalah dukungan dari teman yang memberikan dorongan mengenai bagaimana remaja dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya.School climate merupakan fenomena psikososial yang identik dengan pola perilaku anak sekolah dan mencerminkan norma, tujuan, nilai, hubungan interpersonal, praktik belajar mengajar, dan struktur organisasi. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui adakah pengaruh peer social support terhadap burnout academic; 2) Untuk mengetahui adakah pengaruh school climate terhadap burnout academic; 3) Untuk mengetahui adakah pengaruh peer social support dan school climate terhadap burnout academic pada siswa MTS Hidayatus Salam Desa Lowayu Kec. Dukun Kab. Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjulah 136 siswa.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 102 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah:1) skala peer social support yang disusun berdasarkan teori Sarafino;2)skala school climate yang disusun berdasarkan teori Cohen; 3) skala burnout academic yang disusun berdasarkan teori Pines dan Aronson.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji korelasi pearson (pearson product moment correlation) dan uji regresi linier berganda dengan bantuan SPSS versi 18.0 for windows. Hasil penelitian:1)ada pengaruh antara peer social support terhadap burnout academic pada siswa MTS Hidayatus Salam Desa Lowayu Kec. Dukun Kab. Gresik dengan hasil perhitungan yang menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,028 < 0,05, nilai pearson correlation sebesar 0,218 dan koefisien determinasi sebesar 4,8%. 2) ada pengaruh antara school climate terhadap burnout academic pada siswa MTS Hidayatus Salam Desa Lowayu Kec. Dukun Kab. Gresik dengan hasil perhitungan yang menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, nilai pearson correlation sebesar 0,361 dan koefisien determinasi sebesar 13%. 3) ada pengaruh antara peer social support dan school climate terhadap burnout academic pada siswa MTS Hidayatus Salam Desa Lowayu Kec. Dukun Kab. Gresik dengan hasil perhitungan yang menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0,05 dengan nilai perbandingan F Hitung > F Tabel sebesar 8,241 > 3,09 dan koefisien determinasi sebesar 14,3%.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: NURRO INDRI DWITA SARI
Date Deposited: 10 Dec 2024 02:35
Last Modified: 10 Dec 2024 02:35
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/16062

Actions (login required)

View Item View Item