Parenting Self Efficacy Pada Orang Tua Yang Memiliki Anak Autism Spectrum Disorder (Studi Kasus Di Rumah Terapi Cahaya Harapan Mrican, Kota Kediri)

Latifah, Dewi (2024) Parenting Self Efficacy Pada Orang Tua Yang Memiliki Anak Autism Spectrum Disorder (Studi Kasus Di Rumah Terapi Cahaya Harapan Mrican, Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933427218_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933427218_bab1.pdf

Download (412kB)
[img] Text
933427218_bab2.pdf

Download (359kB)
[img] Text
933427218_bab3.pdf

Download (235kB)
[img] Text
933427218_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (861kB)
[img] Text
933427218_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text
933427218_bab6.pdf

Download (13kB)
[img] Text
933427218_suratpernyataan.pdf

Download (231kB)

Abstract

Kata Kunci: Parenting Self-Efficacy, Orang Tua, Autism Spectrum Disorder Parenting atau pengasuhan merupakan cara untuk mendukung perkembangan anak baik dari segi intelektual, sosioemosial dan fisik selama masa kanak-kanak hingga dewasa. Parenting self-efficacy dari setiap orang tua berbeda yang mana dipengaruhi oleh latar belakang dan juga dukungan yang didapatkan. Sehingga memberikan dampak bagi pengasuhan yang diterapkan kepada anak. Khususnya bagi orang tua yang memiliki anak autism spectrum disorder. Tujuan penelitian ini untuk memahami gambaran, dan mengetahui terbentuknya parenting self-efficacy pada orang tua yang memiliki anak autism spectrum disorder. Menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian ini berada di Rumah Terapi Anak Cahaya Harapan Mrican Kota Kediri. Adapun sumber data primernya yaitu kedua orang tua. Sedangkan sumber data sekunder yaitu informan, dokumentasi, buku-buku, jurnal, dan data laporan terapi anak. Jumlah sampelnya yakni terdiri dari 3 subjek orang tua dengan karakteristik yang telah ditentukan peneliti. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan pendapat dari Sugiyono. Kemudian, teknik analisis datanya menggunakan pendapat dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran parenting self-efficacy pada orang tua menunjukkan hasil yang berbeda-beda. Aspek yang paling berpengaruh adalah achievement. Orang tua yang memiliki achievement, mampu memiliki self-efficacy yang baik. Sehingga dalam pengasuhannya orang tua dapat memberikan pendidikan dan pengasuhan yang lebih baik. Adapun faktor yang dapat mempengaruhi pada parenting self-efficacy orang tua pun berbeda-beda. Faktor yang berpengaruh yaitu pengalaman masa kecil orang tua. Terbukti dari orang tua yang menerapkan pola asuh yang didapat di masa lalu. Faktor tingkat kesiapan menjadi orang tua, dimana latar belakang pendidikan dapat mempengaruhi achievement dari orang tua. Faktor lainnya yang berpengaruh yaitu budaya dan komunitas, dimana dukungan keluarga dan lingkungan dapat meningkatkan self-efficacy orang tua. Saran bagi peneliti selanjutnya diharapkan mampu mengkaji lebih dalam terkait dengan gambaran, dan faktor-faktor bagi terbentuknya parenting self-efficacy. Hal ini dikarenkan minimnya sumber referensi.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: DEWI LATIFAH
Date Deposited: 03 Dec 2024 03:39
Last Modified: 03 Dec 2024 03:39
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15990

Actions (login required)

View Item View Item