Strategi Diversifikasi Produk Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Pada UD. Merah Delima Bakery Penanggungan Bandar Lor Kota Kediri)

Putri Parwati, Erika (2024) Strategi Diversifikasi Produk Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Pada UD. Merah Delima Bakery Penanggungan Bandar Lor Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20403081_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20403081_bab1.pdf

Download (607kB)
[img] Text
20403081_bab2.pdf

Download (475kB)
[img] Text
20403081_bab3.pdf

Download (474kB)
[img] Text
20403081_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB)
[img] Text
20403081_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)
[img] Text
20403081_bab6.pdf

Download (404kB)
[img] Text
20403081_daftar_pustaka.pdf

Download (436kB)
[img] Text
20403081_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
934408120_Form Pernyataan Persetujuan Publikasi (4).pdf

Download (74kB)

Abstract

Diversifikasi produk adalah upaya mengembangkan berbagai jenis produk yang dihasilkan oleh perusahaan manufaktur atau industri rumahan.Tujuan dari diversifikasi produk adalah untuk membantu setiap pemilik bisnis menjual produknya kepada pelanggan guna mendapatkan tujuan yang telah ditentukan.UD. Merah Delima Bakery memiliki tiga cabang di Bandar Lor, Gringging, dan Pasar Pahing, menawarkan keunggulan seperti layanan pemesanan online, penjualan keliling dengan gerobak roti, dan pengiriman ke toko lain. Meskipun menghadapi penurunan penjualan sekitar 40% pada tahun 2020 akibat pandemi Covid-19, perusahaan berhasil pulih dengan peningkatan penjualan sebesar 46% pada tahun 2021. Sejak itu, penjualan terus meningkat secara stabil hingga 2023. Keberhasilan ini menunjukkan ketahanan perusahaan dalam menghadapi tantangan dan kemampuannya untuk beradaptasi dengan perubahan pasar. Pendekatan yang digunakan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Data dikumpulkan melalui observasi di lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data terdiri dari data primer, yaitu data yang dikumpulkan oleh peneliti dari sumber pertamanya, serta data sekunder yang dikumpulkan oleh peneliti sebagai penunjang dari sumbe data pertama. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap: reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan, atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UD. Merah Delima Bakery berhasil menerapkan strategi diversifikasi produk sebagai respons terhadap kebutuhan konsumen yang beragam dan untuk meningkatkan pendapatan. Melalui proses yang sistematis, mulai dari analisis pasar hingga pengujian produk, perusahaan mampu memperkenalkan produk baru yang relevan, termasuk yang ramah lingkungan. Variasi dalam jenis, ukuran, dan desain produk telah menjadi kunci untuk menarik pelanggan dan meningkatkan loyalitas. Peningkatan volume penjualan yang dicapai sebesar 5% pada tahun 2023 menunjukkan keberhasilan strategi diversifikasi ini dalam menjangkau pasar yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150504 Marketing Measurement
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150599 Marketing not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: ERIKA PUTRI PARWATI
Date Deposited: 10 Mar 2025 05:31
Last Modified: 10 Mar 2025 05:31
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15955

Actions (login required)

View Item View Item