PENGEMBANGAN MEDIA GUESS MOVEMENT SPINNER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA AKSARA JAWA SISWA KELAS III MI MIFTAHUL MUBTADIIN KEPUNG KEDIRI

Achmad, Rizal (2024) PENGEMBANGAN MEDIA GUESS MOVEMENT SPINNER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA AKSARA JAWA SISWA KELAS III MI MIFTAHUL MUBTADIIN KEPUNG KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20206068-PRA-BAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20206068-BAB I.pdf

Download (457kB)
[img] Text
20206068-BAB II.pdf

Download (416kB)
[img] Text
20206068-BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (759kB)
[img] Text
20206068-BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20206068-BAB V.pdf

Download (17kB)
[img] Text
20206068-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (131kB)

Abstract

ABSTRAK Rizal, Achmad. Dosen pembimbing Dewi Agus Triani, M.Pd.I dan Aulia Rohmawati, M.Pd. Pengembangan Media Guess Movement Spinner Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Aksara Jawa Siswa Kelas III MI Miftahul Mubtadiin Kepung Kediri. Skripsi, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri 2024. Kata Kunci: Guess Movement Spinner, Aksara Jawa, Keterampilan Membaca Penelitian ini dilatar belakangi dengan kurangnya keterampilan membaca aksara jawa yang dimiliki oleh peserta didik. Materi aksara jawa menjadi salah satu materi yang kurang diminati peserta didik serta dianggap sulit karena memiliki bentuk yang sangat beragam dan penerapannya sekarang sudah jarang sekali dipakai dalam kehidupan sehari-hari, maka dari itu perlu adanya inovasi dan kreativitas yang tepat dalam proses pembelajarannya. Media pembelajaran menjadi faktor yang dapat meningkatkan keterampilan membaca aksara jawa peserta didik. Berdasarkan latar belakang tersebut maka tujuan penelitian ini yaitu; (1) untuk mengetahui pengembangan media Guess Movement Spinner untuk meningkatkan keterampilan membaca Aksara Jawa siswa kelas III MI Miftahul Mubtadiin Kepung Kediri, (2) untuk mengetahui kelayakan media Guess Movement Spinner untuk meningkatkan keterampilan membaca Aksara Jawa siswa kelas III MI Miftahul Mubtadiin Kepung Kediri, (3) untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca aksara jawa mengunakan media Guess Movement Spinner Aksara Jawa pada siswa kelas III MI Miftahul Mubtadiin Kepung Kediri. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Researh and Development dengan mengunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu, analyze, design, development, implementation, evaluation. Untuk mengetahui kelayakan produk maka dilakukan uji validasi ahli media dan validasi ahli materi sebagai instrumen penelitian. Adapun hasil penilaianya akan dianalisis dengan menggunakan skala likert. Hasil penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk berupa media guess movement spinner. (1) Pengembangan media ini dimulai dengan melakukan analisis dilanjut dengan membuat desain produk sesuai hasil analisis, tahap selanjutnya melakukan pengembangan produk dan validasi, produk nantinya akan diuji cobakan dan setelah itu akan diketahui hasil evaluasi dari keseluruhan tahap. (2) Hasil kelayakan yang diperoleh dari proses validasi dari para ahli yaitu ahli media sebesar 81% dengan kriteria sangat layak dan ahli materi sebesar 92% dengan kriteria sangat layak. (3) Hasil peningkatan keterampilan membaca pada tahap implementasi menunjukan peningkatan sebesar 0,52% dengan kategori sedang dan rata-rata sebesar 57% kemampuan berkembang sesuai harapan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ACHMAD RIZAL
Date Deposited: 20 Nov 2024 08:22
Last Modified: 20 Nov 2024 08:22
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15852

Actions (login required)

View Item View Item