Upaya Guru TPQ Nurul Iman Desa Kanigoro Dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur‟an Dengan Menggunakan Metode Dirosati Pada Usia Dewasa Madya

Hidayah, Khoirul Hiqmatul (2020) Upaya Guru TPQ Nurul Iman Desa Kanigoro Dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur‟an Dengan Menggunakan Metode Dirosati Pada Usia Dewasa Madya. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
932106016_Pra Bab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932106016_Bab 1.pdf

Download (239kB)
[img] Text
932106016_Bab 2.pdf

Download (333kB)
[img] Text
932106016_Bab 3.pdf

Download (192kB)
[img] Text
932106016_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB)
[img] Text
932106016_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text
932106016_Bab 6.pdf

Download (158kB)
[img] Text
932106016_Daftar Pustaka.pdf

Download (221kB)
[img] Text
932106016_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan membaca Al-Qur‟an merupakan sebuah keterampilan yang dimiliki seseorang untuk mengucapkan atau melafalkan suatu bacaan yang tertulis di dalam Al-Qur‟an sebagai hasil dari belajar. Oleh karena itu umat Islam dianjurkan untuk dapat membaca Al-Qur‟an dengan baik dan benar. Maka diperlukan sebuah metode untuk pembelajaran agar peserta didik dapat menangkap dan menyerap materi yang di berikan. Usia bukanlah sebuah halangan untuk terus belajar. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana pelaksanaan metode dirosati sebagai uapaya meningkatkan kualitas membaca Al-Qur‟an pada usia dewasa madya? 2) Bagaimana efektivitas metode dirosati dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur‟an pada usia dewasa madya? 3) Bagaimana solusi guru dalam mengatasi kendala penerapan metode dirosati dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur‟an pada usia dewasa madya? Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dikumpulkan melalui beberapa cara di antaranya: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pelaksanaan metode dirosati dilakukan dengan beberapa tahapan di antaranya: persiapan materi, metode, media, dan evaluasi 2) metode dirosati ini sangat efektif untuk meningkatkan kualitas membaca untuk usia dewasa madya 3) kendala yang sering terjadi adalah kesulitan membaca. Untuk menghadapi kendala tersebut guru TPQ Nurul Iman melakukan pengulangan bacaan yang dianggap sulit dengan cara guru membacakan bacaan tersebut dengan berulang-ulang.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021408 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 20 Oct 2020 02:32
Last Modified: 20 Oct 2020 02:32
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1585

Actions (login required)

View Item View Item