Pengembangan LKPD Berbasis Konstruktivisme Sebagai Media Pembelajaran Matematika Materi Aritmatika Sosial Kurikulum Merdeka Siswa Kelas 7 SMP/MTs

DEWI PARWATI, FRANTIKA AJULIA (2024) Pengembangan LKPD Berbasis Konstruktivisme Sebagai Media Pembelajaran Matematika Materi Aritmatika Sosial Kurikulum Merdeka Siswa Kelas 7 SMP/MTs. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932304119_PRABAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932304119_BAB1.pdf

Download (183kB)
[img] Text
932304119_BAB2.pdf

Download (303kB)
[img] Text
932304119_BAB3.pdf

Download (429kB)
[img] Text
932304119_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (850kB)
[img] Text
932304119_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text
932304119_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[img] Text
932304119_SURATPERNYATAAN.pdf

Download (59kB)

Abstract

Aritmatika merupakan salah satu materi dalam pelajaran matematika yang berhubungan dengan kegiatan sosial, seperti dalam perdagangan dan perbankan. Aritmatika sosial adalah materi dimana hal mengenai tentang jual beli, diskon, perdagangan, keuntungan kerugian tersebut perlu dipelajari guna memahami kegiatan sosial di masyarakat khususnya dalam bidang perekonomian. Terdapat kendala terkait pemahaman tentang materi aritmatika ini dikarenakan pada peserta didik kelas VII di MTs Sunan Ampel Pare. Rendahnya pemahaman peserta didik terkait materi aritmatika sosial disebabkan peserta didik merasa kesulitan dalam memahami konsep aritmatika sosial saat pembelajaran, selain itu karena media pembelajaran yang digunakan terbatas. Media pembelajaran yang digunakan guru pada proses pembelajaran yaitu menggunakan buku diktat dan LKS, yang dirasa kurang menarik bagi siswa sehingga siswa kurang memiliki minat untuk belajar dan akhirnya dapat berpengaruh pada pemahaman peserta didik. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan produk media pembelajaran berupa LKPD berbasis konstruktivisme, untuk mengetahui kelayakan produk media yang di kembangkan dan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran. Pada penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode R&D Research and Development dengan model penelitian 4D. Pengembangan 4D ini diantaranya telah melalui proses tahapan yaitu, tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Produk xi yang telah dibuat dan dikembangkan oleh penulis kemudian divalidasi oleh ahli materi dan ahli media untuk mengetahui kelayakan produk tersebut. Selanjutnya, produk yang telah dinilai oleh ahli materi dan media tersebut di presentasikan kelayakannya apakah layak untuk diuji cobakan atau tidak. Tidak lupa menampung hasil dari saran masukan validator. Kemudian, setelah menerima saran dan masukan dari validator, kemudian penulis melakukan perbaikan guna untuk disempurnakan dan diuji cobakan kepada peserta didik. Hasil validasi dari ahli materi menunjukkan nilai skor 78% termasuk dalam kategori valid dan layak digunakan untuk penelitian dengan sedikit perbaikan. Dan mendapatkan hasil validasi ahli media menunjukkan nilai skor 78,4%, termasuk dalam kategori valid dan dapat digunakan dalam penelitian dengan sedikit perbaikan. Berdasarkan hasil dari kepraktisan media yang dinilai oleh guru praktisi diperoleh nilai skor 90,5% termasuk dalam kategori sangat praktis. Selanjutnya didapatkan hasil angket respon siswa terhadap keefektifan media diperoleh, hasil angket respon siswa dalam uji coba skala kecil diperoleh nilai 83,6%, termasuk dalam kategori sangat praktis. Dan diperoleh hasil angket respon siswa dalam uji coba skala besar dengan nilai skor 83,74%, termasuk dalam kategori sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0101 Pure Mathematics (Matematika Murni) > 010101 Algebra and Number Theory (Aljabar dan Teori Bilangan)
01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0101 Pure Mathematics (Matematika Murni) > 010108 Operator Algebras and Functional Analysis (Aljabar Operator dan Analisis Fungsional)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Frantika Anjuka Dewi Parwati
Date Deposited: 06 Jan 2025 03:25
Last Modified: 06 Jan 2025 03:25
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15820

Actions (login required)

View Item View Item