Motivasi Guru Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus Di SLB Kanigoro Kras Kabupaten Kediri)

Qotimah, Binti Rofiatul (2019) Motivasi Guru Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus Di SLB Kanigoro Kras Kabupaten Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932100315_PRABAB.pdf

Download (234kB)
[img] Text
932100315_BAB 1.pdf

Download (126kB)
[img] Text
932100315_BAB 2.pdf

Download (167kB)
[img] Text
932100315_BAB 3.pdf

Download (118kB)
[img] Text
932100315_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[img] Text
932100315_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[img] Text
932100315_BAB 6.pdf

Download (30kB)
[img] Text
932100315_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (108kB)
[img] Text
932100315_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB)

Abstract

Pendidikan merupakan hak bagi setiap individu. Hak berarti siapapun berhak untuk memperoleh pendidikan, termasuk diantaranya anak-anak berkebutuhan khusus (disabilities). Dalam pendidikan guru merupakan salah satu dari faktor yang dapat mempengaruhi keberlangsungan penyelenggaraan pendidikan. Maka muncullah istilah guru adalah sebagai ujung tombak pendidikan. Dilihat dari latar belakang pendidikan mayoritas dari guru yang ada di SLB Kanigoro Kras Kabupaten Kediri ini bukan berasalh dari lulusan pendidikan luar biasa. Untuk kesediannya dalam meningkatkan mutu pendidikan bagi anakanak berkebutuhan khusus perlu adanya motivasi dari guru, termasuk diantaranya guru yang bukan diperuntukan untuk mendidik anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi guru mendidik anak berkebutuhan khusus di SLB Kanigoro Kras Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Data yang diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari kepala sekolah, guru dan dokumen yang mendukung. Sedangkan untuk menganalisis data penulis menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan beberapa teknik yaitu: perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi guru mendidik anak berkebutuhan khusus di SLB Kanigoro Kras Kabupaten Kediri yaitu adanya Motif teogenetis (berasal dari keadaan manusia dengan Tuhan), seperti mengamalkan ilmu. Motif objektif (diarahkan pada objek), seperti berminat (minat mengajar). Adanya kebutuhan fisiologis (mencari rezeki atau mencari nafkah). Kebutuhan sosial: (love needs/kasih sayang/perhatian serta suka anak-anak), tolong menolong, dan teman kerja. Reaksi; lingkungan kebudayaan/tradisi. Dan Kebutuhan relatedness (keterkaitan): keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability (Pendidikan Khusus dan Disabilitas)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 20 Oct 2020 02:18
Last Modified: 20 Oct 2020 02:18
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1581

Actions (login required)

View Item View Item