Revolusi Mental Dalam Pendidikan Perspektif Enco Mulyasa Dan Relevansinya Terhadap Guru PAI

Melaningsih, Putri Asyifa (2023) Revolusi Mental Dalam Pendidikan Perspektif Enco Mulyasa Dan Relevansinya Terhadap Guru PAI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932128819_PraBab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932128819_Bab1.pdf

Download (367kB)
[img] Text
932128819_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text
932128819_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text
932128819_Bab4.pdf

Download (112kB)
[img] Text
932128819_DaftarPustaka.pdf

Download (178kB)
[img] Text
932128819_LembarPernyataanPersetujuanPublikasi.pdf

Download (118kB)

Abstract

Revolusi mental di sekolah merupakan program dalam membentuk karakter peserta didik melalui pengembangan nilai-nilai moral yang baik. Tujuan dari program ini adalah untuk menciptakan budaya kejujuran, disiplin, dan rasa hormat kepada warga sekolah. Selain itu revolusi mental bertujuan untuk menghasilkan individu yang tidak hanya unggul secara akademis tetapi juga memiliki moral dan etika yang baik. Upaya-upaya revolusi mental dalam pendidikan dapat dilakukan melalui berbagai cara, seperti pengembangan kurikulum yang berorientasi pada karakter, pelatihan guru dalam membentuk karakter peserta didik, serta pembentukan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan karakter peserta didik. Dengan adanya revolusi mental dalam pendidikan akan membantu peserta didik dalam menghadapi tantangan kehidupan di masa depan dan menciptakan masyarakat yang lebih harmonis dan sejahtera. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana gagasan revolusi mental dalam pendidikan oleh Enco Mulyasa dan kaitannya terhadap guru pendidikan PAI.Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan yang menggunakan buku revolusi mental dalam pendidikan sebagai sumber primer. Teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan metode dokumentasi sedangkan analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi (countent analysis).Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Revolusi mental dalam pendidikan adalah sebagai alat untuk membangun identitas bangsa yang beradab, bermartabat, sekaligus mengawal dan mengawali revolusi mental. Untuk mewujudkan revolusi mental maka perlu adanya perubahan sisi dalam manusia itu sendiri. (2) Kaitan revolusi mental terhadap guru PAI adalah guru harus merevolusi dirinya sendiri guna untuk menciptakan pendidikan yang baik sehingga mencetak manusia kaffah yang berintelektual sekaligus berakhlakul karimah. Hal ini dikarenakan guru merupakan kunci utama pada revolusi mental di sekolah dan menjadi role model bagi peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Putri Asyifa Melaningsih
Date Deposited: 15 Nov 2024 07:24
Last Modified: 15 Nov 2024 07:24
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15754

Actions (login required)

View Item View Item