Pengembangan bahan ajar buku cerita materi indahnya berperilaku amanah untuk meningkatkan minat belajar akidah akhlak siswa kelas IV MI Nurul Ulum Grabagan Sidoarjo

Annisa, Rizky Hana (2024) Pengembangan bahan ajar buku cerita materi indahnya berperilaku amanah untuk meningkatkan minat belajar akidah akhlak siswa kelas IV MI Nurul Ulum Grabagan Sidoarjo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932126619_prabab.pdf

Download (253kB)
[img] Text
932126619_bab1.pdf

Download (251kB)
[img] Text
932126619_bab2.pdf

Download (205kB)
[img] Text
932126619_bab3.pdf

Download (315kB)
[img] Text
932126619_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB)
[img] Text
932126619_bab5.pdf

Download (154kB)
[img] Text
932126619_daftar_pustaka.pdf

Download (216kB)
[img] Text
932126619_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (155kB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang dilakukan cenderung dengan cara peserta didik lebih banyak mendengarkan penjelasan guru, pendidik hanya terpaku menggunakan bahan ajar yang disediakan oleh sekolah, bahan ajar yang digunakan berupa buku cetak masih kurang disukai peserta didik karena penyajian materi padat, tampilannya kurang menarik sehingga kurangnya minat peserta didik dalam belajar. Salah satu cara meningkatkan minat belajar adalah melalui bahan ajar buku cerita. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah: (1) Untuk mengembangkan bahan ajar yaitu buku cerita materi indahnya berperilaku amanah pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas IV MI Nurul Ulum, (2) Untuk mengetahui kelayakan pengembangan produk buku cerita bagi peserta didik kelas IV MI Nurul Ulum dan (3) Mengetahui keefektifan bahan ajar buku cerita untuk meningkatan minat belajar Akidah Akhlak kelas 4 MI Nurul Uum. Pada penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Data kuantitaif dan kualitatif dianalisis menggunakan skala likert. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa :(1) Pengembangan bahan ajar buku cerita menyajikan cerita dan gambar beserta materi indahnya berperilaku amanah yang pembuatannya dilakukan dengan lima tahap yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi atau yang biasa disebut ADDIE (2) Kelayakan bahan ajar buku cerita dapat dikatakan sangat layak diperoleh dari hasil validasi ahli media memperoleh hasil 97%, dengan kategori “sangat valid” dan ahli materi 98%, dengan kategori “sangat valid” dan (3) Keefetifan bahan ajar buku cerita diperoleh dari hasil respon angket minat peserta didik yaitu 94,9% dengan kategori “sangat baik” dan hasil uji coba kelompok kecil 96% dengan kategori “sangat baik” sedangkan uji coba kelompok besar 98,5% dengan kategori “sangat baik”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar buku cerita pada materi Indahnya Berperilaku Amanah kelas IV efektif dijadikan bahan ajar pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: RIZKY HANA ANNISA
Date Deposited: 15 Nov 2024 02:11
Last Modified: 15 Nov 2024 02:11
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15743

Actions (login required)

View Item View Item