yuliana, ana (2024) Strategi manajemen Pasar Tradisional Dermo dalam menghadapi persaingan Pasar Modern prespektif manajemen strategi syariah (Studi Pada Pasar Tradisional Dermo Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
934117719_PRABAB (2).pdf Download (381kB) |
|
Text
934117719_BAB 1.pdf Download (350kB) |
|
Text
934117719_BAB 2.pdf Download (282kB) |
|
Text
934117719_BAB 3.pdf Download (131kB) |
|
Text
934117719_BAB 4.pdf Download (280kB) |
|
Text
934117719_BAB 5.pdf Download (220kB) |
|
Text
934117719_BAB 6.pdf Download (44kB) |
|
Text
934117719_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (174kB) |
|
Text
df4b7189-ed59-43fc-bf38-c3c8eb998dbc.pdf Restricted to Repository staff only Download (146kB) |
Abstract
Strategi manajemen adalah rencana aksi yang dirancang dan diimplementasikan oleh pemimpin dan manajer organisasi untuk mencapai tujuan perusahaan dan mengelola sumber daya secara efektif.Persaingan Pasar yang terjadi antara Pasar tradisional dan Modern semakin kuat,sehingga Pasar Tradisional memberikan rancangan dalam mengoptimalkan strategi dalam menghadapi persaingan pasar modern. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah lebih dalam mengenai strategi manajemen pasar tradisional dalam menghadapi persaingan dengan pasar modern yang ditinjau dengan perspektif manajemen strategi syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif (Field Research). Data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data didapatkan melalui wawancara dan didukung dengan arsip catatan mengenai Pasar Tradisional Dermo Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri. Analisis data dilakukan dengan cara melakukan reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan pengecekan keabsahan data dengan cara triangulasi sumber atau data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi manajemen pasar tradisional dalam menghadapi persaingan pasar modern dapat dilakukan dengan tiga cara yakni strategi pengembangan pasar tradisional yang disertai dengan beberapa tindakan dalam perencanaan manajemen yang lebih baik lagi dalam menghadapi persaingannya, yakni dengan mengikuti tren, memperbarui infrastruktur yang dimana hal tersebut juga telah diatur dalam peraturan daerah pada pasal 3 ayat 1 UU No. 7, pemasaran digital yang dilakukan dengan cara meningkatkan layanan para pedagang serta membuatkan group WhatsApp atau Facebook untuk para pedagang untuk memasarkan produk mereka dan pada tahun 2023 mereka mulai memberikan pengedukasian terhadap pembayaran secara digital baik transfer maupun qris. Untuk peningkatan keamanan serta kebersihan mereka telah merencanakan pembangunan pagar dan hal tersebut telah terealisasi. Pagar berguna untuk penjagaan keamanan,strategi pengelolaan pasar tradisional berfokus pada pembangunan pasar dan tata kelola agar memudahkan para penjual atau pembeli yang ingin berkunjung ke pasar, dan strategi pemasaran pasar tradisional ini akan berfokus kepada penyediaan platform khusus dengan nama Pasar Tradisional guna menjadi sarana dalam meningkatkan kualitas pelayanan dengan nilai-nilai pasar tradisional. Sedangkan jika ditinjau dari perspektif manajemen syariah adalah dengan mensosialisasikan dan mengajak langsung dengan memanfaatkan komunikasi yang cukup baik antar pedagang bersikap jujur dalam berbisnis serta mentransparansi bentuk kegiatan jual beli karena pekerjaan berdagang merupakan juga salah satu bentuk ibadah kepada Allah swt yang semata-mata mengharapkan ridho Allah swt.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140105 Islamic Economic Theory (Dasar-dasar Teori Ekonomi Islam) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Yuliana Yuliana |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 04:53 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 04:53 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15706 |
Actions (login required)
View Item |