Resepsi Penyandang Disabilitas Sensorik Rungu Wicara Terhadap Ayat-Ayat Al-Qur’an (Studi Living Qur’an Rumah Qur’an Sahabat Tuli Asy-Syukur Kediri)

FAJRIANTI, FARICHA CAHYA (2024) Resepsi Penyandang Disabilitas Sensorik Rungu Wicara Terhadap Ayat-Ayat Al-Qur’an (Studi Living Qur’an Rumah Qur’an Sahabat Tuli Asy-Syukur Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20102048_prabab.pdf

Download (966kB)
[img] Text
20102048_bab1.pdf

Download (265kB)
[img] Text
20102048_bab2.pdf

Download (758kB)
[img] Text
20102048_bab3.pdf

Download (234kB)
[img] Text
20102048_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20102048_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB)
[img] Text
20102048_bab6.pdf

Download (209kB)
[img] Text
20102048_daftarpustaka.pdf

Download (244kB)
[img] Text
20102048_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
20102048_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (245kB)

Abstract

FARICHA CAHYA FAJRIANTI, Dosen Pembimbing DR. ZUHRI HUMAIDI, M.S.I. dan YULIANA DESI RAHMAWATI, M.AG, Resepsi Penyandang Disabilitas Sensorik Rungu Wicara Terhadap Ayat-Ayat Al-Qur’an (Studi Living Qur’an Rumah Qur’an Sahabat Tuli Asy-Syukur Kediri, Skripsi, Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Kediri, 2024. Kata Kunci: Resepsi al-Qur’an, PDSRW, Living Qur’an Pada idealnya, al-Qur'an adalah kitab suci yang pesan-pesannya dapat ditangkap oleh semua kalangan tanpa terkecuali. Namun, kenyataannya terdapat sekolompok individu yang mengalami kesulitan dalam membaca dan memahami pesan al-Qur'an, karena hambatan yang mereka miliki. salah satu individu tersebut adalah disabilitas sensorik rungu wicara. Perhatian pengajaran al-Qur'an terhadap para penyandang disabilitas sensorik rungu wicara masih terbilang kurang, terlebih lagi dalam hal mengajarkan tafsir dan pemaknaan al-Qur'an kepada mereka. Padahal, akses pemahaman al-Qur'an sangat penting untuk pengalaman keagamaan mereka. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam terkait bagaimana resepsi disabilitas sensorik rungu wicara terhadap ayat-ayat al-Qur'an yang dikaji di Rumah Qur'an Sahabat Tuli Asy-Syukur Kediri. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan metode kualitatif. Adapun pendekatan yang penulis gunakan sebagai landasan untuk menganalisis data adalah fenomenologi dengan metode analisis-deskriptif. Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sekunder. sumber data primer yaitu, pendiri sekaligus pengajar, santri dan wali santri. Sedangkan, sumber data sekunder meliputi, buku, artikel, kitab, dokumentasi yang mendukung penelitian. Dalam teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kegiatan pengajaran Al-Qur’an dilaksanakan setiap hari Senin sampai Jumat pada pukul 15.00-17.00. Model pembelajaran yang digunakan adalah metode isyarat, yang terdiri dari dua metode: kitabah dan tilawah. Penulis menemukan bahwa resepsi eksegesis terwujud dengan bagaimana mereka memposisikan Al-Qur’an sebagai teks berbahasa arab yang memiliki makna, yang kemudian diinterpretasikan. Sementara itu, resepsi fungsional terlihat dalam penggunaan ayat-ayat Al-Qur’an sebagai sumber motivasi yang menghasilkan pola tindakan atau perilaku tertentu. Misalnya, ayat-ayat motivasi belajar mendorong praktik pembacaan Al-Fatihah sebelum dan sesudah pembelajaran. Ayat-ayat tentang ibadah memberikan semangat dalam disiplin belajar, dan ayat-ayat tentang bersyukur mempengaruhi sisi psikologis santri agar dapat menerima segala kondisi dengan hati yang lapang.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability (Pendidikan Khusus dan Disabilitas)
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY (Studi Kemasyarakatan, incl : sosiologi) > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170112 Sensory Processes, Perception and Performance
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: FARICHA CAHYA FAJRIANTI
Date Deposited: 06 Nov 2024 03:36
Last Modified: 06 Nov 2024 03:36
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15681

Actions (login required)

View Item View Item