Nilai Pendidikan Akhlak Dan Sosial Budaya Dalam Peringatan Tahun Baru Hijriyah (Studi Kasus Desa Satak Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri)

Sholehudin, Muhammad (2019) Nilai Pendidikan Akhlak Dan Sosial Budaya Dalam Peringatan Tahun Baru Hijriyah (Studi Kasus Desa Satak Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932135115_PRA BAB.pdf

Download (657kB)
[img] Text
932135115_BAB 1.pdf

Download (489kB)
[img] Text
932135115_BAB 2.pdf

Download (551kB)
[img] Text
932135115_BAB 3.pdf

Download (345kB)
[img] Text
932135115_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[img] Text
932135115_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)
[img] Text
932135115_BAB 6.pdf

Download (189kB)
[img] Text
932135115_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (390kB)
[img] Text
932135115_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Nilai-nilai Pendidikan akhlak dan sosial budaya dalam tradisi peringatan tahun baru Hijriyah (studi kasus pada masyarakat Desa Satak Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri). Fokus yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana nilai pendidikan akhlak dalam peringatan tahun baru Hijriyah, (2) Bagaimana nilai sosial budaya dalam peringatan tahun baru Hijriyah,(3) Bagaimana tradisi dalam peringatan tahun baru Hijriyah.Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Mengetahui nilai pendidikan akhlak dalam peringatan tahun baru Hijriyah,(2) Mengetahui nilai sosial budaya dalam peringatan tahun baru Hijriyah,(3) Mengetahui tradisi dalam peringatan tahun baru Hijriyah. Sesuai dengan pendekatan kualitatif, maka kehadiran peneliti di lapangan sangat penting sekali mengingat peneliti bertindak langsung sebagai instrumen langsung dan sebagai pengumpul data dari hasil observasi yang mendalam serta terlibat aktif dalam penelitian. Data yang berbentuk kata-kata diambil diambil dari para informan atau responden pada waktu mereka diwawancarai. Dengan kata lain data-data tersebut merupakan keterangan dari para informan, sedangkan data tambahan berupa dokumen. Keseluruhan data tersebut selain wawancara diperoleh dari observasi dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan cara menelaah data yang ada, lalu mengadakan reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan tahap akhir dari analisa data ini adalah mengadakan keabsahan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa, (1) Nilai pendidikan akhlak dalam peringatan tahun baru Hijriyah di Desa Satak dapat diketahui dari indiktor yang meliputi, karakter masyarakat dan tradisi wayang kulit sebagai penerapan nilai akhlak. (2) Nilai sosial budaya dalam peringatan tahun baru Hijriyah di Desa Satak dapat diketahui dari indiktor yang meliputi, nilai sosial dan nilai budaya (3) Trdisi peringatan tahun baru Hijriyah di Desa Satak dapat diketahui dari indiktor yang meliputi, sejarah peringatan tradisi, faktor pendukung dan penghambat serta perepsi masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management) ; Kurikulum dan Pedagogi Humaniora dan Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 19 Oct 2020 04:13
Last Modified: 19 Oct 2020 04:13
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1566

Actions (login required)

View Item View Item