Pratiwi, Resti Budi (2019) Pengaruh Kedisiplinan Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas VII SMPN 2 Ngadiluwih. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932137315_PRA BAB.pdf Download (488kB) |
|
Text
932137315_BAB I.pdf Download (252kB) |
|
Text
932137315_BAB II.pdf Download (368kB) |
|
Text
932137315_BAB III.pdf Download (335kB) |
|
Text
932137315_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (284kB) |
|
Text
932137315_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) |
|
Text
932137315_BAB VI.pdf Download (97kB) |
|
Text
932137315_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (177kB) |
|
Text
932137315_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) |
Abstract
Dalam dunia pendidikan membangun karakter peserta didik sangatlah penting salah satunya yaitu tentang kedisiplinan belajar. Selain kedisiplinan halhal lain yang perlu diperhatikan guru dalam meningkatkan prestasi belajarnya yaitu membangun motivasi belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Ada tidaknya pengaruh yang positif antara kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas VII SMPN 2 Ngadiluwih, 2) Ada tidaknya pengaruh yang positif antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas VII SMPN 2 Ngadiluwih, 3) Ada tidaknya pengaruh yang positif antara kedisiplinan belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas VII SMPN 2 Ngadiluwih, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan angket dari kedisiplinan belajar dan motivasi belajar, sedangkan dari variabel Y diambil dari hasil belajar peserta didik yang berupa nilai. Teknik pengampilan sampel yaitu Simple Random Sampling yang memberi kesempatan bagi setiap individu untuk menjadi anggota sampel. Populasi dalam pengambilan sampel dari siswa kelas VII yang jumlah siswanya sebanyak 354 dan peneliti mengambil sampel sejumlah 160 diambil dari masing-masing kelas secara acak. Sedangkan teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan regresi linear sederhana dan regresi ganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) kedisiplinan belajar memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar PAI kelas VII SMPN 2 Ngadiluwih dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0.606; 2) motivasi belajar memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar PAI kelas VII SMPN 2 Ngadiluwih dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0.180; 3) kedisiplinan belajar dan motivasi belajar memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar PAI kelas VII SMPN 2 Ngadiluwih dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,606.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling (Konseling Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 19 Oct 2020 03:32 |
Last Modified: | 19 Oct 2020 03:32 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1559 |
Actions (login required)
View Item |