Implementasi metode usamani dalam pembelajaran membaca alqur’an pada siswa di MI Al Falah Desa Pagu Kec. Wates Kab. Kediri

Aziz, Moch Khilmy (2020) Implementasi metode usamani dalam pembelajaran membaca alqur’an pada siswa di MI Al Falah Desa Pagu Kec. Wates Kab. Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
932105113_Pra Bab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932105113_Bab 1.pdf

Download (255kB)
[img] Text
932105113_Bab 2.pdf

Download (489kB)
[img] Text
932105113_Bab 3.pdf

Download (123kB)
[img] Text
932105113_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img] Text
932105113_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text
932105113_Bab 6.pdf

Download (88kB)
[img] Text
932105113_Daftar Pustaka.pdf

Download (161kB)
[img] Text
932105113_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Kitab suci al-Qur’an adalah kalamullah (firman Allah SWT) yang diturunkan melalui malaikat Jibril kepada Rasulullah SAW. Proses pembelajaran al-Qur’an yang tepat sangatlah penting dilakukan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara utuh, efektif dan efisien. Untuk mencapai hal tersebut mutlak dilakukan suatu terobosan yang inovatif dalam pembelajaran sehingga tujuan dari pembelajaran itu dapat terwujud. Agar pembelajaran al-Qur’an dapat dilaksanakan dengan baik, tentunya dapat dilakukan dengan berbagai media dan cara/metode dalam proses pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk mendeskripsikan cara perencanaan pembelajaran membaca al-Qur’an metode Usmani pada siswa di MI Al Falah Desa Pagu Kec. Wates Kab. Kediri; (2) Untuk mendeskripsikan cara pelaksanaan pembelajaran membaca al-Qur’an metode Usmani pada siswa di MI Al Falah Desa Pagu Kec. Wates Kab. Kediri; (3). Untuk mendeskripsikan cara evaluasi pembelajaran membaca al-Qur’an metode Usmani pada siswa di MI Al Falah Desa Pagu Kec. Wates Kab. Kediri Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di MI Al Falah Pagu Wates Kediri. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah pengajar metode usamani dan guru MI Al Falah Pagu Wates. Sedangkan untuk analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Dan untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan trianggulasi. Hasil penelitian ini menjunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran alQur’an dengan metode Usmani di MI Al Falah Pagu Wates Kediri diharuskannya membuat halaqoh dengan cara placement test hal ini digunakan untuk menempatkan siswa sesuai dengan kemampuannya dan kurikulum untuk perencanaan pembelajaran sudah dibuat oleh koordinator wilayah; (2) Pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an dengan metode Usmani di MI Al Falah Pagu Wates Kediri dilaksanakan pada hari senin-kamis pada pukul 07.00-11.30 WIB dengan cara guru dan siswa harus mengikuti aturan dan prinsip dalam pembelajaran, juga guru disarankan menggunakan teknik yang sudah ada pada buku pedoman dan materi yang disampaikan oleh guru harus sesuai dengan kemampuan siswa/ per jilid; (3) Evaluasi pembelajaran al-Qur’an dengan metode Usmani di MI Al Falah Pagu Wates Kediri dilakukan dengan tiga cara: (a) Tes pelajaran yang dilakukan setiap pada pertemuan, (b) Tes kenaikan juz yang dilakukan sewaktu-waktu tergantung kemampuan murid, (c) Tashih akhir yang dilakukan pada akhir periode pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021408 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 19 Oct 2020 03:08
Last Modified: 19 Oct 2020 03:08
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1552

Actions (login required)

View Item View Item