SARI, NUR FATIKA (2024) Pengembangan Media Takalintar (Tabel Perkalian Pintar) Untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Pada Materi Perkalian Kelas II Di MI Al-Musthofa Canggu. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
20206054_prabab.pdf Download (685kB) |
|
Text
20206054_bab1.pdf Download (188kB) |
|
Text
20206054_bab2.pdf Download (330kB) |
|
Text
20206054_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) |
|
Text
20206054_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (795kB) |
|
Text
20206054_bab5.pdf Download (129kB) |
|
Text
20206054_daftarpustaka.pdf Download (202kB) |
|
Text
20206054_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
20206054_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (223kB) |
Abstract
Nur Fatika Sari, Dosen Pembimbing Choirul Annisa, M.Pd dan Tutik Dinur Rofiah, S.Pd.I. M.Pd. Pengembangan Media TAKALINTAR (Tabel Perkalian Pintar) Untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Pada Materi Perkalian Kelas II Di MI Al-Musthofa Canggu, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2024. Kata Kunci : Pengembangan Media, TAKALINTAR (Tabel Perkalian Pintar), Pemahaman Media pembelajaran merupakan alat atau sarana yang digunakan dalam kegiatan belajar dikelas agar memudahkan peserta didik dalam memahami suatu konsep materi yang dipelajari. Melalui media pembelajaran proses pembelajaran dikelas akan lebih menarik dan menyenangkan sehingga peserta didik akan lebih aktif. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk 1) Mengetahui prosedur pengembangan media takalintar materi perkalian, 2) untuk mengetahui kelayakan dari media takalintar materi perkalian, dan 3) untuk mengetahui keefektifan media takalintar materi perkalian. Penelitian ini dilaksanakan di MI Al-Musthofa Canggu dengan peserta didik kelas 2 yang berjumlah 22 anak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah RnD (Research And Development) dengan menggunakan model penelitian ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Sebelum melakukan implementasi media pembelajaran takalintar divalidasikan terlebih dahulu untuk melihat kelayakannya. Hasil uji kelayakan dilakukan oleh beberapa para ahli yaitu ahli media dan ahli materi. Validasi ahli media terdapat 2 validator yang masing-masing mendapatkan nilai 75% dan 97,5% yang berarti masuk dalam kategori “sangat layak”.Validasi ahli materi terdapat 2 validator yang masing-masing mendapatkan nilai 91,6% dan 97,2% yang berarti masuk dalam kategori “sangat layak”. Setelah melakukan validasi media kemudian diimplementasikan kepada peserta didik untuk melihat keefektifan media pembelajaran takalintar dengan melakukan pretest dan posttest. Dari hasil rata-rata nilai pretest dan posttest mendapatkan nilai sebesar 65,27 dan 83,63 yang artinya ada perubahan sebelum menggunakan media dan sesudah menggunakan media. Untuk melihat keefektifan media pembelajaran takalintar dapat juga dilihat dari hasil Uji t yang mana hasil t hitung lebih besar dari pada t tabel yaitu dengan nilai -6,281 > -2,079614. Hal tersebut dapat disimpulkan jika ada perbedaan sesudah menggunakan media pembelajaran takalintar terhadap pemahaman peserta didik terkait materi perkalian. Sedangkan uji N-gain mendapatkan hasil nilai rata-rata sebesar 0,48 yang berdasarkan rumus N-gain memiliki nilai lebih dari 0,30 maka hasil tersebut masuk dalam kriteri kategori “Sedang” artinya media pembelajaran takalintar dapat meningkatkan pemahaman peserta didik
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | NUR FATIKA SARI |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 07:31 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 07:31 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15476 |
Actions (login required)
View Item |