Najib, Moh Husnun (2019) Penerapan Metode Sorogan Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Al Badriyah Al Hikmah Purwoasri Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932135915_PRA BAB .pdf Download (548kB) |
|
Text
932135915_BAB 1.pdf Download (116kB) |
|
Text
932135915_BAB 2.pdf Download (179kB) |
|
Text
932135915_BAB 3.pdf Download (133kB) |
|
Text
932135915_BAB 4.pdf Download (384kB) |
|
Text
932135915_BAB 5.pdf Download (97kB) |
|
Text
932135915_BAB 6.pdf Download (10kB) |
|
Text
932135915_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (93kB) |
|
Text
932135915_LAMPIRAN .pdf Download (201kB) |
Abstract
Metode sorogan adalah suatu metode pembelajaran di lingkungan pesantren dimana para santri menghadap langsung kepada Kyai atau ustadz untuk membaca, menghafal dan menjelaskan pembelajaran dalam kitab. Metode sorogan kitab sangat efektif dan efisien di terapkan dalam ekstrakulikuler sorogan kitab. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Bagaimana Penerapan Metode Sorogan Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Al Badriyah Al Hikmah Purwoasri Kediri. (2)Apa faktor yang mempengaruhi Penerapan Metode Sorogan Kitab Di Pondok Pesantren Al Badriyah Al Hikmah Purwoasri Kediri Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisa data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil temuan menunjukkan bahwa terdapat dua pokok temuan (1) Penerapan Penerapan Metode Sorogan Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Al Badriyah Al Hikmah Purwoasri Kediri yaitu memiliki tiga tahap pelaksanaan pembelajaran yaitu (a) Perencanaan, (b) Pelaksanaan, dan (c) Evaluasi. Adapun kegiatan pelaksanaan sorogan dibagi menjadi tiga yaitu ustadz menyampaikan materi, ustadz menyimak santri dalam membaca kitab dan ustadz bersama santri melakukan musyawaroh. Sedangkan evaluasi metode sorogan yaitu test tulis dan praktek membaca. (2) Faktor yang mempengaruhi Penerapan Metode Sorogan Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Al Badriyah Al Hikmah Purwoasri Kediri (a) Guru ustadz, (b) Kecerdasan santri, (c) Sarana dan prasarana. Ketiga faktor saling berkaitan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar agar dapat berjalan dengan optimal dalam mencapai tujuan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 15 Oct 2020 05:02 |
Last Modified: | 15 Oct 2020 05:02 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1537 |
Actions (login required)
View Item |