Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Minat Membaca Peserta Didik Kelas 3 di SD Negeri Bulupasar Kabupaten Kediri

Lailaturrohmah, Nur (2024) Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Minat Membaca Peserta Didik Kelas 3 di SD Negeri Bulupasar Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20206029_prabab.pdf

Download (906kB)
[img] Text
20206029_bab1.pdf

Download (322kB)
[img] Text
20206029_bab2.pdf

Download (238kB)
[img] Text
20206029_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)
[img] Text
20206029_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20206029_bab5.pdf

Download (39kB)
[img] Text
20206029_suratpernyataan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat membaca peserta didik kelas 3 di SD Negeri Bulupasar. Hal tersebut terlihat ketika diminta guru untuk membaca buku pelajaran, mereka seringkali ramai dan berbicara sendiri. Ketika mengerjakan soal yang mengharuskan membaca terlebih dahulu, mereka seringkali langsung menanyakan di mana letak jawabannya. Selain itu, terdapat 3 dari 22 peserta didik yang belum lancar membaca. Kurangnya minat membaca tersebut dipengaruhi oleh kurangnya ketertarikan dan kemampuan untuk membaca. Selain itu, guru masih menggunakan buku tema sebagai satu-satunya sumber bacaan, dan buku yang tersedia di perpustakaan kebanyakan buku dengan teks panjang dan sedikit gambar, sehingga kurang menarik bagi peserta didik. Maka, untuk meningkatkan minat membaca diperlukan media yang dapat menarik perhatian peserta didik untuk membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengembangan media buku cerita bergambar, 2) Kelayakan media buku cerita bergambar, dan 3) Keefektifan media buku cerita bergambar dalam meningkatkan minat membaca peserta didik kelas 3 di SD Negeri Bulupasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang memiliki 5 tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, evaluation. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah peserta didik kelas 3 SD Negeri Bulupasar Kabupaten Kediri. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, angket validasi, dan angket minat membaca. Analisis data menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian ini adalah: 1) Pengembangan media buku cerita bergambar menggunakan model ADDIE dengan 5 tahap yaitu analysis, design, development, implementation, evaluation. 2) Kelayakan media buku cerita bergambar dilihat dari hasil akhir validasi ahli materi 92,5% dengan keterangan sangat layak, ahli media 75% dengan keterangan layak, ahli bahasa 95% dengan keterangan sangat layak, dan ahli pembelajaran 93,3% dengan keterangan sangat layak. 3) Hasil angket minat membaca peserta didik sebelum menggunakan media sebesar 50,6% dengan kategori cukup dan setelah menggunakan media sebesar 79,5% dengan kategori tinggi. Maka, dapat disimpulkan bahwa media buku cerita bergambar efektif dalam meningkatkan minat membaca peserta didik sebesar 28,9%. Adapun hasil uji t, nilai t_hitung sebesar 16,706 dan nilai t_tabel sebesar 2,079, sehingga t_hitung lebih besar dari t_tabel. Maka, terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil minat membaca sebelum dan setelah menggunakan media buku cerita bergambar.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: NUR LAILATURROHMAH
Date Deposited: 16 Oct 2024 06:58
Last Modified: 16 Oct 2024 06:58
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15366

Actions (login required)

View Item View Item