Ash-shiddiqie, Muhammad Muharram (2024) Pengaruh Tingkat Ekonomi Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Raden Rahmat Balongbendo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
20201121_Prabab.pdf Download (3MB) |
|
Text
20201121_BAB I.pdf Download (3MB) |
|
Text
20201121_BAB II.pdf Download (6MB) |
|
Text
2020112_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
20201121_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
20201121_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
20201121_BAB VI.pdf Download (653kB) |
|
Text
20201121_Daftar_Pustaka.pdf Download (1MB) |
|
Text
20201121_Muhammad Muharram Ash-shiddiqie.pdf Download (191kB) |
Abstract
Pendidikan menjadi salah satu faktor dalam pembangunan negara. Sumber daya manusia unggul sangatlah penting untuk setiap wilayah di seluruh dunia. Sumber daya manusia yang baik adalah kunci keberhasilan suatu negara. Kualitas ini bisa diukur melalui prestasi belajar siswa. Di Indonesia, banyak siswa yang menghadapi kesulitan keuangan. Hal ini berperan sebagai salah satu faktor yang menghambat mereka selama kegiatan pembelajaran. Hal tersebut, mendukung teori kebutuhan maslow yang menyatakan bahwa manusia memiliki kebutuhan berjenjang, yang mana keperluan pokok perlu diprioritaskan sebelum memenuhi kebutuhan tingkat lanjut dapat terpenuhi. Menurut teori ini, siswa dari keluarga dengan tingkat ekonomi rendah mungkin lebih fokus pada pemenuhan keperluan pokok mereka, mencakup pakaian, makanan, dan tempat tinggal, sehingga mereka tidak memiliki cukup waktu dan energi untuk belajar. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui bagaimana tingkat ekonomi keluarga di SMP Raden Rahmat Balongbendo, 2) untuk mengetahui prestasi belajar siswa di SMP Raden Rahmat Balongbendo, dan 3) untuk mengetahui adakah pengaruh antara tingkat ekonomi keluarga dengan prestasi belajar siswa di SMP Raden Rahmat Balongbendo. Studi ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan memanfaatkan teknik korelasional dengan jenis hubungan asimetris. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa SMP Raden Rahmat Balongbendo dengan metode sampling Proportionate Stratified Random. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara angket dan dokumentasi. Kemudian data hasil angket dianalisis menggunakan korelasi product moment untuk mengetahui adakah korelasi antara dua variabel tersebut. hasil analisis, diketahui bahwa tingkat ekonomi keluarga siswa di SMP Raden Rahmat Balongbendo termasuk sangat tinggi. Kondisi ini dapat diamati melalui beberapa indikator seperti tingkat pendidikan, pendapatan, kepemilikan aset bernilai, serta status sosial dalam masyarakat. Sedangkan hasil prestasi belajar siswa di SMP Raden Rahmat Balongbendo menunjukkan rata-rata sebesar 74,79. Ini memperlihatkan bahwa prestasi belajar siswa tergolong dalam klasifikasi "Sangat Baik," yaitu dalam rentang 66-80. Kemudian ditemukan dampak yang signifikan antara tingkat ekonomi keluarga dengan prestasi belajar siswa di SMP Raden Rahmat Balongbendo. Hal ini didasarkan temuan yang dihasilkan dari analisis korelasi product moment memperlihatkan nilai rxy = 0,235 yang lebih besar dari rtabel = 0,227 pada tingkat signifikansi 5%. Jadi, terdapat dampak yang signifikan antara tingkat ekonomi keluarga dengan prestasi belajar siswa di SMP Raden Rahmat Balongbendo.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130203 Economics, Business and Management Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Ekonomi, Bisnis dan Manajemen) 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140208 Health Economics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhammad Muharram Ash-Shiddqie |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 01:20 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 01:20 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15362 |
Actions (login required)
View Item |