IQBAL, MUHAMMAD RIDLO (2017) Hubungan Komunikasi Interpersonal Antarsantri Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab dan Bahasa Inggris Tingkat SMP dan MTs Di Yayasan Darul Lughah wal Karomah Kraksaan Probolinggo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (38kB) |
|
Text
4. PRA BAB.pdf Download (297kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (8kB) |
|
Text
3. HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
5. BAB I.pdf Download (195kB) |
|
Text
6. BAB II.pdf Download (218kB) |
|
Text
7. BAB III.pdf Download (307kB) |
|
Text
8. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (600kB) |
|
Text
9. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) |
|
Text
10. BAB VI.pdf Download (137kB) |
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (141kB) |
|
Text
12. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (808kB) |
Abstract
Motivasi belajar merupakan modal psikis yang bersifat non intelektual, yang berperan menumbuhkan gairah belajar untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Berdasarkan observasi pendahuluan mendeskripsikan bahwa motivasi para santri masih belum stabil, artinya sebagian siswa ada yang motivasinya kuat dan sebagian siswa ada juga yang motivasinya lemah. Sedangkan motivasi belajar dapat dirangsang oleh faktor-faktor dari luar salah satunya adalah komunikasi interpersonal. Komunikasi interpersonal yaitu proses pertukaran informasi yang dilakukan dua orang atau sekelompok kecil secara langsung (bertatap muka) antara penyampai dan penerima pesan disertai respon atau umpan baliknya. Komunikasi interpersonal ini mendorong siswa untuk lebih mandiri dalam hal berinteraksi dengan orang lain, khususnya dalam hal tujuan belajar dan hubungan sosial yang positif. Dengan demikian jika hubungan komunikasi interpersonal santri positif maka motivasi belajarnya juga baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana tingkat komunikasi interpersonal antarsantri, 2) Bagaimana tingkat motivasi belajar bahasa Arab dan bahasa Inggris, 3) Adakah hubungan antara komunikasi interpersonal antarsantri terhadap motivasi belajar bahasa Arab dan bahasa Inggris tingkat SMP dan MTs di Yayasan Darul Lughah wal Karomah Kraksaan Probolinggo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi santri tingkat SMP dan MTs yang berjumlah 567, pengambilan sampel menggunakan teknik sampel acak stratifikasi non proporsional dengan jumlah sampel 90 santri, instrumen yang digunakan adalah skala, dan teknik analisis data yang digunakan adalah adalah korelasi product moment. Hasil dari penelitian ini yaitu tingkat komunikasi interpersonal berada pada tingkat tinggi dengan melihat mean 159.93 pada skor 151-200, sedangkan tingkat motivasi belajar berada pada tingkat tinggi dengan melihat mean 156,91 pada skor 146-192. Dan hasil korelasi antara komunikasi interpersonal terhadap motivasi belajar dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,339 pada skor interval 0,200-0,399 maka berada pada katergori rendah, dan untuk sumbangan koefisien determinasi sebesar 11,5%. Bedasarkan hasil uji korelasi product moment, maka hipotesis menyatakan hubungan positif dan signifikan antara komunikasi interpersonal dengan motivasi belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 06:22 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 06:22 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/15328 |
Actions (login required)
View Item |